Waspada Akan Debu Dalam Rumah Yang Bisa Menyebabkan Racun Bagi Tubuh

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau dalam debu bisa berpotensi mengandung membawa bahan kimia yang apabila masuk dalam tubuh manusia bisa bersifat racun. Banyak orang yang menyepelekan akan hal ini.

 

Dalam studi yang dilakukan di AS tersebut menyebutkan kalau ada banyak bahan kimia rumah tangga seperti pembersih lantai, furniture, parfum, pembersih kamar mandi yang ternyata banyak ditemukan dalam unsur debu yang berkeliaran dalam rumah.

bahaya-debu-dalam-rumah-tangga

sumber gambar : medan.tribunnews.com

Yang lebih berbahaya lagi adalah ada sekitar 90 persen unsur debu rumah tangga terdiri dari bahan kimia yang berasal dari rumah tangga. Bahan kimia yang dimaksud dalam hal ini adalah yang tergolong berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini disebabkan karena debu yang berada dalam lingkungan rumah bisa menyerap bahan kimia dalam rumah kita.

Baca Juga  Manfaat Sering Makan Sayur Membuat Kita Panjang Umur

 

Coba bayangkan jika ternyata dalam rumah kita terdapat anak kecil yang setiap saat selalu bermain di lantai yang banyak terdapat debu. Anak kecil akan sangat senang bermain dilantai sambil merangkak, tangannya bersentuhan dengan lantai dan sering terjadi kontak tangan dan mulut. Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhnya.

 

Menyikapi hal yang demikian, maka para orang tua di tuntut untuk selalu menjaga kebersihan rumah terlebih jika memiliki anak yang masih kecil. Dengan menjaga kebersihan rumah, maka debu akan semakin kecil untuk menempel di lantai atau perabotan rumah tangga yang lain yang bisa berpotensi tercemar bahan kimia yang bisa terhirup oleh pernapasan kita.

Baca Juga  Nyeri Punggung Sulit Hilang Meskipun Sudah Minum Obat Nyeri

 

Selain memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal, yang tidak kalah pentingnya adalah mengajarkan anak untuk terbiasa mencuci tangan sebelum makan. Hal ini bisa memotong rantai kontaminasi debu yang membawa partikel bahan kimia untuk bisa masuk ke dalam tubuh anak.

Baca Juga : Benarkah Anak Yang Suka Bermain Kotor Lebih Sehat ?

 

Inilah deretan jenis bahan kimia yang paling banyak terdapat pada unsur debu yang menempel di rumah adalah phthalates, fenol, flame retardants, bahan perfum dan flurinated. Semua jenis bahan kimia tersebut sangat berbahaya jika masuk dalam tubuh kita yang meningkatkan resiko banyak penyakit.

Baca Juga  Benarkah Seorang Bayi Laki-laki Lebih Mudah Stres ?

 

Bagi anda yang saat ini mempunyai anak yang masih kecil yang sangat suka untuk merangkak dan bermain di lantai, maka sebaiknya anda melakukan menyapu lantai minimal dua kali dalam sehari. Selain itu sangat disarankan untuk mengepel lantai setiap hari untuk meminimalisir resiko debu yang masih menempel.

Artikel Terkait : Benarkah Makanan Yang Jatuh ke Lantai Rentang Bakteri ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *