Wanita Yang Terkena TBC Akan Sulit Untuk Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebuah penemuan terbaru tentang seorang wanita yang berasal dari New England yang berusia 31 tahun yang kesulitan untuk hamil. Wanita tersebut diketahui dalam kondisi sehat, rajin berolahraga dan tidak mempunyai gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata wanita tersebut positif terinfeksi kuman TB genital.

 

Alasan wanita tersebut melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter adalah disebabkan karena sudah hampir 1,5 tahun program kehamilan namun belum juga membuahkan hasil. Dari siklus menstruasi juga tidak mengalami masalah alias teratur. Akhirnya wanita ini memutuskan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan lebih lanjut ke dokter.

wanita-sulit-hamil

sumber gambar : tinoberita.blogspot.com

Pada hasil pemeriksaan dokter, awalnya ditemukan suatu sumbatan yang terjadi pada saluran tuba. Kita tahu bahwa jika saluran tuba tersumbat, maka akan menyebabkan sperma akan sulit untuk bertemu sel telur. Kondisi ini bisa menyebabkan resiko infeksi dan endometriosis.

Baca Juga  Hati-Hati Sering Duduk Lama Bisa Memperpendek Umur

Baca Juga : Inilah Resiko Hamil Usia 35 Tahun ke Atas

Menyikapi kondisi yang demikian, maka dokter menyarankan kepada wanita tersebut untuk melakukan IVF atau bayi tabung. Akhirnya wanita tersebut menyetujui untuk dilakukan bayi tabung. Namun ternyata proses tersebut gagal.

 

Dengan gagalnya proses bayi tabung, maka para dokter kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada infeksi yang mempengaruhi kesuburan wanita tersebut. Hasilnya ternyata tidak ditemukan infeksi klamidia dan gonore.

Baca Juga  Efek Samping Sering Lembur Akan Membuat Orang Sulit Tidur

 

Namun pada pemeriksaan yang lain pada daerah rahim atau endometrium dengan menggunakan biopsi, ternyata ditemukan  adanya granuloma. Granuloma ini merupakan sebuah massa yang disebabkan karena adanya proses infeksi.

 

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata benar terdapat kuman tuberkulosis pada daerah selaput rahimnya. Selama ini wanita tersebut menyebutkan tidak mengalami gejala kesehatan yang berarti. Meskipun demikian, pada orang dengan daya tahan tubuh yang kuat, masuknya kuman TB tidak akan menunjukkan gangguan kesehatan atau gejala yang berarti.

 

Berdasarkan sebuah hasil studi lain yang dilakukan di India pada tahun 2008 yang melibatkan 140 wanita menyebutkan bahwa apabila wanita mengalami tuberkulosis genital bisa menyebabkan sumbatan pada saluran tuba yang menyebabkan sperma sulit untuk bisa bertema dengan sel telur. Akibatnya wanita tersebut akan sulit untuk hamil.

Baca Juga  Tips Mengenali Masalah Kesehatan Pada Payudara Wanita

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus diwaspadai Saat Hamil ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *