Wanita Yang Kurang Tidur Meningkatkan Resiko Kanker Payudara

header niko 728 x 90

wanita kurang tidur

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Michigan State University menyatakan bahwa seorang wanita yang mengalami kurang tidur akan meningkatkan resiko kanker payudara. Hal ini disebabkan karena saat wanita tertidur akan ada banyak produksi hormon melatonin yang salah satu fungsinya adalah untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

Maka saat seorang wanita mengalami kurang tidur yang berlangsung lama, maka akan membuat kadar melatonin dalam tubuhnya menurun. Padahal hormon ini sangat penting dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini menjadi ancaman kesehatan bagi wanita yang mempunyai pekerjaan shif malam dan mereka yang suka begadang.

Baca Juga  Jangan Sembarangan Menggunakan Minyak Esensial Jika Sedang Hamil !

Yang menjadi pemimpin dari penelitian ini adalah seorang peneliti yang berasal dari Brasil yang bernama Juliana Lopes. Untuk membuktikan hal ini, maka para peneliti melakukan sebuah rekayasa pertumbuhan tumor yang berasal dari sel batang.

Saat kita mengalami kurang tidur memang akan membuat banyak metabolisme dalam tubuh terganggu. Sudah banyak hasil studi yang mengkaitkan antara resiko penyakit yang disebabkan karena kurang tidur. Beberapa diantaranya adalah diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Ternyata bukan hanya itu saja, seorang wanita yang sering mengalami kurang tidur akan juga beresiko terkena kanker payudara. Kuncinya adalah ada pada produksi hormon melatonin yang akan dihasilkan oleh tubuh saat kita melakukan tidur pada malam hari.

Baca Juga  Inilah 5 Langkah Cerdas Mencegah Terjadinya Kanker Payudara

Ini menjadi sebuah kabar buruk bagi mereka yang mempunyai pekerjaan yang mengharuskan shift malam seperti tenaga medis, karyawan pabrik, petugas pelabuhan dll. Ini menjadi sebuah dilema antara pekerjaan dan kesehatan. Untuk mengurangi resiko tersebut maka sangat disarankan untuk mengganti tidur pasca bekerja shift malam.

Selain itu sangat penting juga untuk menjaga pola makan yang sehat seperti banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan yang bisa membuang banyak radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa memicu munculnya sel kanker.

Baca Juga  Ini Alasan Kebanyakan Pria Tertidur Setelah Selesai Hubungan Seks

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Dengan Kondisi Lampu Yang Gelap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *