Wanita Hamil Yang Sering Makan Buah Bisa Melahirkan Anak Yang Cerdas

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kalau dulu banyak diantara kita yang meyakini bahwa dengan banyak makan ikan selama hamil bisa membuat bayi lahir dengan cerdas. Namun sebuah studi terbaru menyebutkan kalau ibu hamil yang sering makan buah akan bisa melahirkan bayi yang cerdas.

 

Studi terbaru kali ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari University of Alberta. Ini menjadi sebuah hal baru tentang makanan ibu hamil yang ternyata bisa meningkatkan potensi bayi lahir dengan kecerdasan yang tinggi.

manfaat-buah-bagi-wanita-hamil

sumber gambar : www.solusisehatku.com

Untuk mengkaitkan antara konsumsi buah selama hamil dengan anak yang cerdas, maka para peneliti telah melakukan pengamatan terhadap 688 anak. Mereka menyebutkan bahwa semakin banyak jenis buah yang dikonsumsi ibu hamil dalam sehari selama kehamilan, maka bisa berpengaruh besar terhadap peningkatan skor kognitif anak setelah satu tahun dilahirkan.

Baca Juga  Lebih Sehat Mana Antara Susu Kacang dan Susu Sapi ?

 

Para peneliti kali ini juga terbilang kaget dengan hasil studi kali ini. Selama ini anggapan kita bahwa dengan banyak konsumsi protein selama kehamilan akan berpengaruh besar terhadap kognitif anak. Dengan adanya hasil studi kali ini maka para wanita yang sedang hamil di himbau untuk memperbanyak konsumsi aneka buah saat hamil. Semakin banyak jenis buah yang dikonsumsi dalam sehari, maka semakin baik pula pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif bayi.

 

Dalam studi tersebut para para peneliti juga tidak menemukan adanya efek samping yang mungkin terjadi jika ibu hamil banyak mengkonsumsi buah selama hamil. Justru yang didapat adalah manfaat yang besar terhadap kecerdasan bayi.

Baca Juga  Ini Manfaat Jika Bekerja Sering Berdiri Dapat Menurunkan Resiko Obesitas

 

Mungkin yang paling bisa terjadi jika seorang ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi buah yang tergolong manis, maka ada kemungkinan bisa meningkatkan resiko diabetes gestasional atau diabetes yang sering terjadi pada wanita yang sedang hamil. Dengan demikian bisa juga meningkatkan resiko kenaikan berat badan pada ibu hamil.

Baca Juga : Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi Ibu Hamil

 

Untuk mengantisipasi hal yang demikian, maka para peneliti akhirnya menyimpulkan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan bagi ibu hamil dalam setiap harinya. Cukup dengan mengkonsumsi 1,5 sampai 2 cangkir buah sudah terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi. Bagaimanapun juga segala sesuatu yang berlebihan kurang bagus dampaknya bagi kesehatan.

 

Untuk memenuhi kebutuhan asupan buah pada wanita hamil, maka para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi buah secara teratur yaitu pada pagi, siang dan sore hari yang bisa anda konsumsi setelah melakukan sarapan pagi, makan siang dan makan malam.

Baca Juga  Ternyata Buang Air Kecil Saat Mandi Punya Banyak Manfaat Kesehatan

 

Secara kandungan nutrisi dari buah memang kaya akan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang memang sangat bagus bagi kesehatan dan ternyata ada hubungan juga untuk bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak anak.

Artikel Terkait : Jangan Minum Obat Pereda Nyeri Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *