Waktu Yang Tepat Untuk Mengajarkan Anak Tentang Toleransi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Membentuk sebuah pola pikir anak memang dimulai sejak dini. Yang perlu diketahui bahwa pendidikan pada anak tidak harus didapatkan dalam bangku sekolah saja, tetapi orang tua dan lingkungan bisa menjadi pendidikan yang sangat penting bagi seorang anak.

Pendidikan kepada anak tidak melulu pada wawasan sebuah ilmu pengetahuan saja, tetapi pendidikan akhlak juga sangat penting seperti sikap toleransi kepada orang lain.

sumber gambar : idblogpacker.com

Pelajaran tentang toleransi amatlah penting bagi seorang anak. Hal ini disebabkan anak akan banyak melakukan interaksi dengan banyak orang yang berbeda-beda yang tentunya berbeda dengan kaluarganya sendiri.

Baca Juga  Benarkah BAB Yang Tidak Teratur Menjadi Tanda Kalau Tubuh Tak Sehat ?

Terlebih bagi seorang anak Indonesia yang identik dengan keberagaman suku, agama, ras. Bagi generasi penerus bangsa tentunya harus mempunyai sikap toleransi yang tinggi.

Nah pertanyaannya adalah banyak orang tua yang masih bingung mulai kapan anak seharusnya diajarkan tentang nilai-nilai toleransi ?

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Seorang Anak

Dengan mengajarkan toleransi pada anak, maka akan mendidik seorang anak untuk menghargai sebuah perbedaan. Kita tahu bahwa isu SARA sangat sensitif sekali di negara Indonesia.

Bukan hanya itu saja, anak yang mengerti tentang nilai-nilai toleransi, maka akan memudahkan anak untuk bersosialisasi dengan orang lain yang notabenya berbeda-beda dalam banyak hal.

Baca Juga  Benarkah Jika Waktu Makan Yang Paling Penting Ialah Ketika Sarapan?

Sejak dini seorang orang tua bisa memulai mengajarkan anak tentang toleransi. Misalnya saja tentang keberagaman agama yang ada di lingkungan. Ada banyak perayaan agama yang ada di Indonesia. Sebagai orang tua harus mengajarkan pentingnya menghargai perbedaan ini.

Kita tahu bahwa orang tua merupakan guru yang paling mudah ditiru oleh anak. Jadi kalau kita ingin anak kita mempunyai toleransi yang tinggi terhadap perbedaan, maka orang tua harus memberikan contoh yang baik.

Baca Juga  Faktor Penting Yang Mempengaruhi Sukses Tidaknya Diet

Jika sejak kecil anak sudah terbiasa menghargai perbedaan dengan orang lain, maka kelak anak akan tumbuh menjadi orang yang sangat menghargai sebuah perbedaan. Hal ini tentu sangat baik bagi generasi penurus bangsa Indonesia yang sangat beragam.

Artikel Terkait : Cara Mendidik Anak Tentang Bahaya Pornografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *