Vitamin Apa Yang Sangat Penting dan Wajib dikonsumsi Oleh Wanita Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tidak dipungkiri kalau masih banyak wanita yang kurang tahu tentang jenis vitamin yang penting dan terbilang wajib untuk dikonsumsi saat hamil. Hamil merupakan sebuah proses alami tubuh saat terjadi pertemuan antara sel telur dengan sperma, dimana membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk bisa membuatnya berkembang dengan baik.

 

Saat seorang wanita hamil ternyata ada satu jenis vitamin yang sangat penting untuk dikonsumsi. Vitamin tersebut adalah folat atau asam folat. Asam folat ini termasuk dalam vitamin B yang mempunyai peranan vital dalam pertumbuhan janin. Pertumbuhan yang dimaksud adalah pertumbuhan otak dan tulang belakang.

nutrisi-penting-bagi-ibu-hamil

sumber gambar : blogoinformasi.com

Apakah wanita yang belum hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi asam folat ? Jawabnya adalah ya. Asam folat bagi seorang wanita yang belum hamil juga mempunyai peranan yang sangat penting. Wanita pada dasarnya akan menuju pada kehamilan yang terjadi pada suatu waktu.

Baca Juga  Ini Dia Alasan Mengapa Pasangan Yang Bahagia Cenderung Mengalami Kenaikan Berat Badan

Baca Juga : Tanda Kalau Ibu Hamil Kekurangan Zat Besi

 

Seorang wanita yang selama hamil kurang asupan folat bisa menyebabkan terjadinya bayi lahir dengan cacat otak dan tulang belakang. Tentu setiap wanita tidak menginginkan hal ini. Pada tahap awal kehamilan seorang wanita sangat membutuhkan folat ini untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin.

 

Bagaimana cara agar kebutuhan asam folat seorang wanita hamil bisa terpenuhi ? Untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi folat, maka seorang ibu hamil sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayuran hijau. Selain itu sayuran kacang-kacangan juga kaya akan kandungan folat.

Baca Juga  Bahaya Mengangkat Beban Terlalu Berat Bisa Menyebabkan Pembuluh Darah Pecah

 

Biasanya seorang ibu hamil akan diberikan suatu suplement asam folat oleh dokter untuk memenuhi kebutuhan tubuh. meskipun demikian seorang ibu harus menunjang nutrisi dengan banyak makan buah dan sayur. Bahkan dalam sebuah studi menyebutkan kalau semakin banyak jenis buah yang dikonsumsi ibu setiap harinya, maka bisa berdampak positif bagi kemampuan otak bayi.

 

Ini artinya jika seorang wanita baik yang belum atau sedang hamil mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung folat, maka akan menurunkan resiko janin yang dikandung untuk mengalami cacat otak dan tulang belakang.

Baca Juga  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah Hanya Cukup Rutin Jalan Kaki

 

Selain mengetahui jenis nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, maka sangat penting pula untuk memeriksakan kehamilan secara berkala ke dokter atau bidan. Dengan begitu maka perkembangan janin yang dikandung akan bisa terpantau dengan baik karena dilakukan pemeriksaan USG.

Artikel Terkait : Tips Mudah Melahirkan Anak Yang Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *