Virus Zika Juga Bisa Merusak Pendengaran

header niko 728 x 90
ALT TAG

Sumber Gambar :img.webmd.com

InspirasiBersama.com – Sampai saat ini Zika menjadi momok yang sangat menakutkan. Ditambah lagi sebuah laporan yang berasal dari Brasil yang menyebutkan bahwa seorang bayi yang dilahirkan oleh ibu yang terindikasi virus zika juga akan mengalami gangguan pada sistem pendengaran. Ini menambah deretan komplikasi yang disebabkan oleh virus zika selain mikrosefali.

Di Brasil sendiri yang menjadi awal munculnya virus zika ini telah banyak membuat bayi lahir dengan kondisi mikrosefali atau pengecilan kepala. Bahkan dalam sebuah studi juga menyebutkan bahwa virus zika juga bisa menyebabkan komplikasi pada penglihatan. Seorang bayi yang dilahirkan oleh seorang ibu yang terinfeksi zika akan mengalami kerusakan pada otak.

Baca Juga  Dampak Buruk Diabetes Bisa Memperpendek Usia Hingga 10 Tahun

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh CDC juga menyebutkan bahwa dari jumlah 70 anak yang terinfeksi virus zika dan mengalami mikrosefali, ternyata terdapat empat anak yang juga mengalami gangguan pada sistem pendengaran.

Yang membuat kita sangat prihatin adalah jenis gangguan pendengaran yang disebabkan karena komplikasi virus zika adalah bersifat permanen. Hal ini disebabkan karena secara anatomi dan fisiologi antara otak manusia dengan sistem pendengaran mempunyai hubungan. Kerusakan yang terjadi pada bagian saraf pendengaran telinga bagian dalam membuat anak dengan zika bisa mengalami tuli permanen.

Baca Juga  Cara Mengenali Gejala Gangguan Pada Irama Jantung

Artikel Terkait : Imunitas Tubuh Sangat Penting Untuk Menangkal Zika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *