Usia Lanjut Rentan Mengalami Kelainan Tulang Belakang

header niko 728 x 90

kelainan tulang belakang

InspirasiBersama.com – Memiliki tulang yang bengkok atau skoliosis pasti semua orang tidak akan mau. Namun pada kenyataannya jenis kelainan tulang ini sering terjadi baik pada kalangan anak, dewasa bahkan usia lanjut. Apalagi bagi mereka yang sudah usia lanjut, maka resiko mengalami kelainan tulang belakang akan semakin tinggi.

Mungkin sebelumnya kita menganggap bahwa jenis kelainan tulang belakang atau skoloisis ini hanya menyerang pada anak-anak saja. Namun ternyata segala usia juga rentan mengalami kelainan tulang belakang seperti skoliosis.

Secara umum kondisi skoliosis terbagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama adalah skoliosis de novo yang artinya bersifat degeneratif. Ini artinya kondisi skoliosis yang baru muncul saat usia seseorang mencapai 50 tahun ke atas. Hal ini disebabkan karena faktor usia yang membuat banyak perubahan struktur tulang belakang.

Baca Juga  Tips Mencegah Agar Bayi Tidak Mudah Sembelit

Jenis skoliosis kedua adalah idiopatik skoliosis yang disebabkan karena gejala kelainan tulang yang sebenarnya sudah muncul saat seseorang masih berusia muda. Kondisi ini akan berkembang atau berlanjut sampai seseorang berusia dewasa.

ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa mengalami jenis skoliosis idiopatik. Beberapa penyebabnya adalah bisa karena keturunan, otot yang lemah, ligamen yang terlalu lembut dan tulang yang berkembang tidak secara normal.

Seseorang yang mengalami kelainan tulang belakang atau skoliosis sering kali merasakan beberapa kelainan yang dirasakan. Misalnya saja mereka merasa memiliki pundak yang tidak rata, terdapat seperti ada punuk di pundak, dan terasa nyeri pada tulang belakang.

Baca Juga  Hidup Sehat Tidak Menunggu Banyak Uang

Mengingat kondisi skolisosis juga bisa menyebabkan rasa nyeri, maka jika anda saat ini sudah menginjak usia 50 tahun ke atas, maka sangat disarankan untuk mewaspadai kelainan tulang belakang ini. Kondisi ini akan bisa mengganggu aktivitas kita.

Untuk mencegah terjadinya kelainan tulang belakang atau skoliosis, maka kita harus banyak olahraga dan cukup mengkonsumsi kalsium yang sangat penting bagi kesehatan tulang. Dengan asupan kalsium yang cukup, maka akan membuat tulang kita tetap kuat dan terhindar dari kelainan.

Baca Juga  Diet Ala Orang Jepang Yang Dipercaya Bisa Membuat Panjang Umur

Selain itu penting juga untuk tidak melakukan kebiasaan yang bisa memicu terjadinya kelainan tulang belakang. Salah satunya adalah suka duduk dengan posisi yang kurang bagus. Misalnya posisi duduk yang tidak tegak lurus akan menyebabkan kondisi tulang belakang menjadi bengkok.

Artikel Terkait : Cara Mencegah Tulang Tidak Gampang Keropos Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *