Usahakan Jangan Nyetir Jarak jauh Pada Malam Hari

header niko 728 x 90

bahaya menyetir mobil pada malam hari

Bagi anda yang mempunyai hobi traveling dengan menggunakan mobil pribadi, maka sangat disarankan untuk tidak menyetir jarak jauh pada malam hari. Apabila anda terpaksa melakukan perjalanan pada malam hari usahakan dilakukan sebelum larut malam.

Menurut seorang profesor kedokteran yang bernama Dr Stuart Quan dari Harverd School mengatakan pada malam hari tubuh manusia diciptakan untuk tidur atau istirahat. Jadi secara alami saat malam menjelang larut setiap orang pasti merasakan ngantuk sehingga bisa menurunkan konsentrasi apabila disertai menyetir mobil. Oleh karena itu angka kejadian kecelakaan akibat mengantuk pada mlaam hari terbilang banyak.

Baca Juga  Keju Italia Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantung

Bagi anda yang melakukan perjalanan malam dalam kondisi mengantuk maka akan sama berbahanya jika anda menyetir dalam keadaan mabuk. Untuk itu anda perlu mempertimbangkan saat melakukan perjalana jauh dan menyetir mobil.

Banyak orang yang mengatakan minum kopi sebelum menyetir mobil pada malam hari bisa membuat kita tidak merasa ngantuk. Hal ini tidak akan berefek besar apabila kita hanya tidur 2 sampai 3 jam saja dalam semalam.
Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kecelakaan dalam jalan raya merupakan pembunuh ketiga terbesar setelah penyakit jantung koroner dan TBC.
Lebih dari itu WHO juga menyampaikan, berdasarkan data kecelakaan lalu lintas rata-rata dialami oleh mereka yang masih tergolong usia produktif sekitar 22-50 tahun.

Baca Juga  Tips Membuat Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

Kalau kita membaca data dari transportasi Indonesia, angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia dikarenakan oleh faktor jalan, sarana transportasi, faktor manusia dan alam.

Untuk itu demi keselamatan anda dan keluarga, jika anda mau melakukan perjalanan jauh disarankan untuk tidak melakukannya pada malam hari. Anda bisa memulai dari pagi hari dan beristirahat pada malam hari sebelum besok dilanjutkan lagi perjalanannya.

Baca Juga  Melakukan Kegiatan Yang Menyenangkan Bisa Mencegah Penurunan Daya Ingat

 

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *