Untuk Program Diet Lebih Bagus Mana Diet Rendah Garam atau Karbohidrat ?

header niko 728 x 90

diet rendah karbo

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang sering melakukan program diet tentu sudah mengenal tentang diet rendah garam dan diet rendah karbohidrat. Mungkin sampai saat ini anda masih bingung, untuk program diet lebih bagus mana diet rendah garam atau karbohidrat ?

Berawal dari sebuah tanya jawab seorang wanita yang bertanya dalam sebuah forum konsultasi tentang efektifitas diet rendah garam atau karbohidrat. Wanita tersebut mengaku kepada seorang dokter kalau dia telah mencoba melakukan diet rendah garam selama dua minggu. Setelah dijalani, memang bisa menurunkan berat badan sampai 4 kg. Namun yang membuat wanita tersebut tidak nyaman adalah mengapa sekarang dia tidak lagi nafsu untuk makan.

Dari pertanyaan wanita tersebut, seorang dokter menjawab bahwa sejatinya tubuh manusia membutuhkan asupan garam (Nacl) dalam jumlah tertentu. Garam mempunyai peranan yang sangat penting bagi banyak organ tubuh. Untuk itu menurut dokter diet rendah garam tidak disarankan untuk dilakukan.

Baca Juga  Tips Mengenali Gejala Kadar Gula Darah Yang Rendah

Baca Juga : Dampak Buruk Jika Tubuh Kita Kekurangan Garam

Kalau kita melakukan sebuah diet rendah garam, maka bukan berarti kita tidak boleh sama sekali mengkonsumsi garam. Tubuh kita tetap membutuhkan asupan garam dalam sehari sekitar 5 gram garam. Yang harus kita lakukan dalam melakukan diet rendah garam  (RG) adalah hanya membatasi asupan garam yang berlebih, bukan tidak sama sekali mengkonsumsi garam.

Dalam dunia medis diet rendah garam biasanya disarankan bagi mereka yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, jantung dan penyakit ginjal. Bagi mereka yang mengalami oedem (bengkak) pada kaki bagi penderita gangguan ginjal, diet rendah garam mampu mengurangi timbunan cairan yang berlebih pada kaki.

Baca Juga  Jalan Kaki Bisa Menjadi Solusi Meredam Nafsu Makan Berlebih

Menurut para dokter, mengapa diet rendah garam juga bisa untuk menurunkan berat badan ? Hal ini dikarenakan saat kita melakukan diet rendah garam akan memberikan efek penurunan nafsu makan yang disebabkan oleh rasa tawar yang ditimbulkan. Selain itu dengan mengurangi konsumsi garam, maka akan membantu tubuh kita untuk banyak membuang cairan yang menumpuk pada tubuh kita sehingga dampaknya bisa menurunkan berat badan kita.
Namun jika dibandingkan dengan diet rendah karbohidrat, maka menurut para ahli dan berdasarkan sebuah hasil studi terbaru ternyata diet rendah karbohidrat lebih disarankan dan terbukti mampu menurunkan berat badan (BB) dibandingkan dengan diet rendah garam.

Sekali lagi yang harus diperhatikan bagi anda yang melakukan diet rendah karbohidrat adalah jangan punya anggapan bahwa diet rendah karbohidrat berarti harus menghindari karbohidrat sama sekali. Ini adalah kesalahan besar bagi pelaku diet. Bagaimanapun juga tubuh kita secara normal membutuhkan asupan karbo sekitar 130 garam dalam seharinya. Yang harus dilakukan adalah hanya membatasi asupan karbohidrat.

Baca Juga  Memilih Jenis Soda Diet Tidak Bisa Mengurangi Asupan Kalori

Sekarang anda sudah tahu ya mana yang lebih efektif antara diet rendah garam dengan diet rendah karbohidrat. Selamat mencoba

Artikel Terkait : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Diet ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *