Untuk Mengatasi Wajah Yang Berminyak Tidak Cukup Hanya Menggunakan Kertas Minyak

header niko 728 x 90

wajah berminyak

InspirasiBersama.com – Memiliki kulit wajah yang berminyak tentu akan membuat kita menjadi kurang percaya diri. Terlebih bagi seorang wanita, penampilan adalah segalanya. Banyak orang yang memanfaatkan kertas minyak untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Namun tahukah kita bahwa kertas minyak tidak akan cukup untuk mengatasi kulit  wajah yang berminyak.

 

Memang benar kertas minyak bisa kita manfaatkan untuk menyerap banyak minyak pada wajah kita. Bahkan pada beberapa jenis kertas minyak ada yang mengandung asam salisilat dan mineral yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah komedo dan jerawat.

Baca Juga : Dampak Poni Bagi Timbulnya Jerawat

 

Secara normal, untuk menjaga kulit wajah agar tidak kering dan keriput maka wajah kita akan mengeluarkan minyak alami. Sebenarnya keberadaan minyak pada wajah sangat bermanfaat sekali. Selain itu dengan adanya minyak pada wajah akan menjaga kulit muka kita tetap dalam kondisi lembab dan menghindarkan banyak kotoran yang menempel. Namun jika produksi minyak keluar secara berlebihan, maka akan membuat wajah kita tidak sedap untuk dipandang.

Baca Juga  Ternyata Sunat Bisa Mencegah Infeksi Penyakit dan Meningkatkan Kesuburan

Seseorang yang memproduksi minyak pada wajah secara berlebihan disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya cuaca, mood seseorang serta keseimbangan hormon. Oleh karena itu setiap orang akan berbeda-beda dalam produksi minyak yang berlebih pada wajahnya.

 

Pembersih wajah

Bagi anda yang mempunyai wajah yang berminyak, maka saran para ahli adalah lakukan rutin membersihkan wajah kita pada pagi dan malam hari. Jika anda mengunakan pembersih wajah, maka disarankan untuk memilih jenis pembersih yang lebih lembut. Usahakan jangan menggunakan sabun yang teksturnya lebih keras.

 

Menggunakan sabun dengan pH yang tidak seimbang untuk membersihkan wajah, akan malah memicu produksi minyak yang berlebih pada wajah. Bukan hanya itu, menggunakan sabun yang mengandung alkalin tinggi akan membuat kulit wajah kita rentan untuk terpajan banyak bakteri.

 

Bagi anda yang biasanya menggunakan toner atau penyegar pasca membersihkan wajah, maka usahakan pemakaian hanya pada bagian wajah yang berminyak saja. Selain itu penting juga untuk memilih toner yang tidak mengandung alkohol. Disamping itu sangat tidak disarankan untuk mencuci wajah dengan menggunakan air yang terlalu panas karena akan membuat kulit wajah kita menjadi iritasi.

Baca Juga  Diabetes Bisa Membuat Rangsangan Seksual Menurun

 

Masker wajah

Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, disamping menggunakan kertas minyak kita juga bisa menggunakan masker wajah. Dalam menggunakan masker wajah, usahakan menggunakannya hanya pada area wajah yang banyak mengeluarkan minyak saja. Hal ini akan membantu mengeringkan minyak sekaligus membersihkan pori-pori wajah. Menggunakan masker wajah pada area muka yang tidak berminyak akan membuat kulit wajah kita menjadi kering.

Pelembap

Kebanyakan dari kita jika memiliki wajah yang berminyak enggan untuk menggunakan pelembab. Padahal menurut para ahli dermatologi justru menyarankan menggunakan pelembab meskipun kulit wajah kita berminyak. Yang perlu diperhatikan jangan menggunakan pelembab yang banyak mengandung minyak. Selain itu penting juga untuk menggunakan pelembab hanya pada bagian wajah yang berminyak saja dengan tipis.

Baca Juga  Pengaruh Posisi Tidur Terhadap Kesehatan

Tabir surya

Tips mengatasi kulit wajah berminyak selanjutnya adalah gunakan tabir surya. Seperti penggunaan pelembab, banyak orang yang tidak menggunakan tabir surya karena alasan kulit mereka berminyak. Justru dengan menggunakan tabir surya kita bisa mengurangi kulit wajah yang berminyak. Usahakan memilih tabir surya dalam bentuk gel atau bedak. Penggunaan tabir surya juga akan melindungi kulit kita dari paparan langsung sinar UV yang berbahaya bagi kesehatan kulit kita.

Artikel Terkait : Ternyata Kentang Bisa Bermanfaat Untuk Memutihkan Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *