Tips Supaya Luka Tidak Meninggalkan Bekas

header niko 728 x 90

cara merawat luka

Semua orang pasti menginginkan kulitnya mulus dan tanpa bekas luka sedikitpun. Apalagi bagi seorang wanita bekas luka menjadi hal yang bisa mengganggu mereka dan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Dengan perawatan luka secara benar maka bekas luka bisa kita minimalisir agar tidak menimbulkan bekas.

Pasca terjadi luka secara alami tubuh kita akan menimbulkan parut atau scar untuk mengganti bekas luka tadi. Semakin besar bekas luka, maka semakin besar pula potensi scar yang terdapat pada kulit kita.

Secara normal proses penyembuhan luka terbagi dalam tiga fase, menurut Dr. Teddy Prasetyo seorang ahli bedah plastik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Fase pertama saat terjadi luka adalah peradangan. Fase ini biasanya akan berlangsung selama 5 hari pasca terjadinya luka. Fase kedua adalah fase perkembangan jaringan parut yaitu proses penutupan luka oleh kulit ari yang baru dan biasanya berlangsung sampai tiga bulan. Fase ketiga adalah pematangan yang bisa memakan waktu sampai 1-2 tahun lamanya.
Banyak orang yang menganggap pada saat fase kedua mereka sudah dikatan sembuh. Padahal itu baru fase kedua yaitu tertutup oleh kulit ari. Secara medis luka dikatakan benar-benar sembuh jika sudah melewati fase tiga. Artinya sudah tidak gatal lagi, tidak terjadi kemerahan, warna kulit sedah kembali normal dan fleksibel.

Baca Juga  Begini Cara Menyehatkan Rambut Secara Alami

Menurut Dr Teddy, ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya scar pada bekas luka. Diantaranya sembuh sendiri tanpa dirawat, lokasi luka juga mempengaruhi, kelembaban kulit, dokter bedah yang kurang terampil, faktor keturunan dan usia.
Bagi anda yang tidak mau ada bekas luka yang membekas pada kulit, maka disarankan sejak awal terjadi luka anda ditangani oleh seorang dokter. Dengan sejak awal kita tertangani oleh seorang dokter maka sangat meminimalisir terjadinya bekas luka yang sangat membekas dan bisa merusak rasa percaya diri seseorang.

Baca Juga  Temukan Cara Alami Mencegah Terjadinya Penuaan Otak

Perkembangan ilmu kedokteran yang terus meningkat, sekarang ini pengobatan bekas leka sudah bisa kita lakukan. Bisa dengan menggunakan obat luar ( oles ) untuk mencegah terjadinya parut. Menurut Prof. Massimo Signorini pengobatan menggunakan gel silikon dirasa cukup efektif untuk menekan pembentukan kolagen yang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya bekas luka yang menonjol. Metode ini juga bisa mengurangi ketebalan dan ketegangan bekas luka menjadi lebih lembut dan tidak menonjol.

Baca Juga  Hasil Survei : Karyawan Wanita Lebih Rentan Tergoda Selingkuh Dengan Rekan Kerja

 
Artikel Terkait : Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *