Tips Saat Anda Mengalami Serangan Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Serangan jantung yang mematikan kerap membuat orang ketakutan. Sayangnya banyak orang yang belum bisa mengenali gejala serangan jantung yang sangat berbahaya ini. Untuk menghindari hal tidak diinginkan,  sebaiknya kita bisa mengenali dan tahu harus melakukan apa saat terjadi serangan.

Kalau kita mendengar atau melihat kisah serangan jantung, sudah banyak orang yang meninggal akibat serangan mematikan ini. Kondisi ini bisa terjadi pada semua orang mulai dari kalangan selebriti, tokoh terkenal, maupun anggota keluarga kita. Untuk itu sebaiknya kita semua bisa mengenali beberapa gejala dari serangan jantung.

Berikut secara umum beberapa gejala serangan jantung menurut ACEP (american Collage of Emergency Physicians):

Baca Juga  Konsumsi Kafein Secara Berlebihan, Bisa Merusak Kesehatan

– Ciri umum gejala serangan jantung adalah munculnya rasa seperti berat pada dada, seperti ditekan, terasa tidak nyaman, bisa seolah diremas-remas maupun nyeri yang terjadi pada bagian dada yang terjadi selama beberapa menit. Kondisi ini bisa juga terjadi secara hilang timbul.

– Tanda kedua adalah rasa nyeri yang menjalar sampai pada bagian punggung,  bahu, leher dan lengan.

– Kondisi tidak nyaman pada tubuh bisa disertai dengan rasa mual, muntah, pusing dan keluar keringat dingin.

– Bukan hanya itu saja, ada beberapa gejala umum lain yang juga banyak dialami orang yang mengalami gejala serangan jantung seperti badan terasa lelah,  pucat, perasaan menjadi panik, muncul sesak napas, kepala pusing dan nyeri dada maupun nyeri perut.

Baca Juga  Mengapa Krim Wajah Disarankan Disimpan Dalam Lemari Es ?

Baca Juga : Beda Nyeri Dada Serangan Jantung dan Asam Lambung

Apabila anda pernah atau sering kali merasakan gejala tersebut, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter jantung. Hal ini menjadi sangat penting untuk mencegah masalah jantung yang lebih parah yang sewaktu-waktu bisa mengancam jiwa.

Yang perlu diketahui adalah serangan jantung bukan penyakit yang hanya menyerang usia lanjut saja. Saat ini serangan jantung bisa saja terjadi pada usia muda. Ada beberapa faktor resiko seseorang mengalami serangan jantung, diantaranya adalah kegemukan, jarang beraktivitas fisik, malas berolahraga, sering stres, gaya hidup yang buruk seperti merokok dan suka begadang, pola makan yang tidak sehat dan terakhir karena adanya riwayat keluarga yang menderita masalah jantung.

Baca Juga  Waspada Akan Debu Dalam Rumah Yang Bisa Menyebabkan Racun Bagi Tubuh

Artikel Terkait : Ciri Jantung Yang Tak Bekerja Dengan Normal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *