Tips Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular

header niko 728 x 90

Tips Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular

Selamat siang pemirsa setia inspirasibersama.com…kali ini kita akan mencoba membahas tentang tips pertolongan pertama saat digigit ular. Kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana cara memberikan pertolongan pertama saat ada orang yang digigit oleh ular.

Ular secara garis besar ada dua jenis yaitu ular berbisa dan tidak berbisa. Saat kita tergigit oleh ular kita harus mengetahui apakah ular yang telah menggigit kita tadi berbisa atau tidak. Untuk itu kita harus tetap tenang sambil mengenali gigitan ular tadi.Ada beberapa perbedaan antara ular berbisa dan tidak.

Untuk ular berbisa biasanya berwarna lebih terang dan mengkilat. Gigitan seekor ular berbisa biasanya meninggalkan dua titik bekas gigitan. Sedangkan untuk ular tidak berbisa bekas gigitan akan terlihat seperti huruf U dan luka bekas gigitan akan terlihat lebih banyak. Luka bekas gigitan ular yang berbisa akan menimbulkan rasa nyeri dan mengalami perubahan warna pada area gigitan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga  Ini Dia Beberapa Masalah Kesehatan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh AC

Nah itu adalah perbedaan dari gigitan ular berbisa dan tidak berbisa. Berikut tips yang harus anda lakukan saat kita digigit oleh ular :

  • Hal pertama yang harus kita lakukan adalah berusaha untuk tetap tenang.
  • Saat tangan atau kaki kita digigit ular, maka jangan banyak bergerak agar racun ular tidak cepat menyebar.
  • Lepaskan cincin, gelang, kalung atau perhiasan apapun jika yang digigit adalah bagian tangan atau kaki kita karena biasanya akan muncul pembengkakan pada area gigitan.
  • Usahakan memposisikan area gigitan tadi lebih rendah dari jantung kita. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran racun dengan cepat.
  • Bersihkan luka gigitan dengan air yang bersih kemudian tutup dengan kain yang bersih
  • Jangan gunakan bebat atau turniket untuk alasan membendung luka bekas gigitan tadi
  • Jangan melakukan kompres dengan air es pada luka gigitan
  • Jangan mencoba membuang racun pada luka gigitan
  • Jangan minum alkhohol atau kafein setelah anda tergigit ular
  • Jangan merasa kesal dengan ular penggigit kemudian anda berusaha menangkap ular tadi. Tetapi yang harus anda lakukan adalah mengingat warna ular tadi sehingga anda bisa menggambarkannya
  • Segera anda berobat ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan serum anti gigitan ular.
Baca Juga  Tips Membedakan Antara Radang Tenggorokan Dengan Amandel

Demikian tips pertolonagn pertama saat digigit ular. Semoga dengan anda membaca artikel ini bisa bermanfaat apabila anda sendiri atau keluarga anda ada yang mengalami tergigit oleh ular baik yang berbisa maupun tidak berbisa.

 

Artikel Terkait : Pertolongan Pertama Saat Digigit Anjing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *