Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga

header niko 728 x 90

cara mendidik anak suka olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat menyehatkan tubuh. Baik itu bagi orang tua, anak muda bahkan bagi kalangan anak-anak. Bahkan berdasarkan sebuah study, anak yang secara rutin melakukan olahraga ternyata mempunyai prestasi akademik yang lebih bagus dari pada anak yang malas berolahraga.

Mengapa ada hubungan antara rutinitas melakukan olahraga bagi anak terhadap prestasi belajarnya ? Hal ini dikarenakan aktivitas fisik saat berolahraga yang meliputi kelincahan, kecepatan, keseimbangan anggota tubuh akan berdampak positif bagi kemampuan kognitif anak sehingga bisa berprestasi dalam dunia akademik.

 
Namun tidak mudah untuk mendidik anak kita suka akan berolahraga. Hal ini sama dengan saat kita mendidik anak kita untuk suka makan sayur atau buah. Berbeda saat anak kita bertemu dengan es krim maka tanpa disuruh pun anak kita akan suka. Bahkan ada beberapa orang tua yang mencoba mendidik anaknya suka akan olahraga dengan sedikit memaksa namun ternyata masih sulit juga.

Baca Juga  Ibu Hati-Hati Remaja Putri Yang Gemar Makan Junk Food Lebih Berisiko Terkena Kanker Payudara

 
Berdasarkan sebuah penelitian anak yang duduk di bangku kelas V dan VI SD akan cenderung mengalami penurunan aktivitas dibandingkan saat berada di kelas III atau II. Sebuah penelitian juga yang dilakukan oleh University of Georgia mengatakan bahwa anak yang duduk di bangku SMP akan cenderung tidak mau berolahraga saat ada paksaan atau tekanan untuk melakukan olahraga tertentu. Yang harus dilakukan adalah memberikan kebebasan kepada mereka tentang macam olahraga yang menurut mereka suka. Dengan demikian maka aktivitas anak akan olahraga akan cenderung aktif dibandingkan dengan jika dipaksa.

Baca Juga  Dampak Negatif Anak Sering Berkhayal Bisa Memicu Obesitas

 
Banyak orang tua yang bertanya apakah bisa kita menjelaskan akan dampak positif berolahraga pada kesehatan mereka ?. Kebanyakan dari orang tua jarang yang menjelaskan akan hal itu. Mereka cenderung membuat anaknya merasa bersalah saat tidak melakukan olahraga. Seharusnya orang tua bisa mendidik anaknya dengan mengatakan olahraga sebagai kegiatan fisik yang sangat menyenangkan jika dilakukan. Biarkan sang anak memilih bentuk olahraga yang mereka sukai. Tidak mungkin seorang anak suka dengan lari-lari kecil seperti yang dilakukan oleh orang dewasa. Mereka suka akan kegiatan bermain sepakbola, basket, kejar-kejaran dengan temannya yang intinya itu juga termasuk olahraga.

Baca Juga  Ternyata Bau Kentut Bermanfaat Bagi Kesehatan, Tidak Percaya ?

Kenalkan kepada anak akan macam-macam olahraga yang menyenangkan. Biarkan sang anak untuk memilih sendiri bentuk olahraga yang mereka suka. Dengan demikian anak kita akan lebih aktif dalam melakukan olahraga tanpa ada paksaan dari orang tua. Semoga bermanfaat…..

 

 

Artikel Terkait : Tips Mendidik Anak Ala Orang Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *