Tips Mudah Mengurangi Resiko Stroke Cukup Rajin Olahraga dan Tidur Cukup

header niko 728 x 90

manfaat rajin olahraga

InspirasiBersama.com – Secara umum melakukan olahraga secara rutin dan melakukan tidur yang cukup pada malam hari akan membuat tubuh kita sehat. Ternyata kedua perilaku sehat itu juga bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke. Lakukan olahraga 30-60 menit secara rutin seminggu tiga kali dan tidur pada malam hari selama 7-8 jam.

Hal tersebut berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh New York University School of Medicine.

Penelitian ini sudah lama dilakukan oleh para peneliti sejak tahun 2004-2013 dengan melibatkan 288.888 orang dewasa. Hasil dari penelitian selama delapan tahun itu menyebutkan bahwa mereka yang melakukan tidur malam selama 7-8 jam per hari memiliki resiko terkena stroke lebih kecil sebesar 25% dibandingkan dengan mereka yang tidur kurang dari 7-8 jam per hari pada malam hari. Selain itu para peneliti juga mengamati aktivitas olahraga yang mereka lakukan.
Tahukah anda stroke merupakan jenis penyakit yang berbahaya yang menempati urutan ke dua setelah penyakit jantung. Bahkan para penderita stroke banyak sekali yang berakhir pada kematian. Stroke sendiri disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah yang mengarah ke otak. Bagi mereka yang mempunyai kebiasaan tidur malam kurang dari tujuh jam, maka beresiko besar mengalami aliran darah yang tidak lancar.

Baca Juga  Benarkah Dengan Banyak Berkeringat Mampu Menurunkan Resiko Stroke ?

Selain kurang tidur pada malam hari, stroke juga beresiko bagi mereka yang mempunyai kebiasaan merokok, minum alkohol, memiliki berat badan berlebih atau obesitas, dan mereka yang jarang melakukan olahraga. Selain itu stroke juga bisa disebabkan karena mempunyai riwayat hipertensi.

Saat ini usia penderita stroke sudah menyerang usia produktif. Kalau dulu stroke hanya kita jumpai pada usia di atas 55 tahu. Hal ini disebabkan saat ini banyak orang yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Belum lagi ditunjang dengan produk makanan yang kaya akan bahan pengawet. Hal inilah yang membuat penderita stroke banyak menyerang usia yang masih produktif.

Baca Juga  Tips Mengenali Bahasa Tubuh Pria Yang Ingin Bercinta

 

Artikel Terkait : Tips Ampuh Cegah Stroke Dengan Makan Apel Setiap Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *