Tips Mudah Mengatasi Sering Lupa Dengan Rajin Berolahraga

header niko 728 x 90

rajin berolahraga

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar atau melihat sendiri orang tua yang lupa dengan alamat rumah, lupa nama cucunya, lupa dengan nama temannya dll. Fenomena lupa atau pikun sering kali melanda para orang tua. Namun jangan khawatir, ada solusi mudah mengatasi mudah lupa dengan cara rajin berolahraga.

Menurut para ahli, munculnya tanda sering lupa harus kita waspadai. Banyak orang yang merasa menyepelekan sering lupa. Padahal kondisi ini jika dibiarkan terus bisa menjadi sebuah penyakit yaitu dimensia. Bahkan potensi dimensia bisa sangat besar untuk menjadi dimensia Alzheimer.

Baca Juga : Tips Mempertajam Ingatan Agar Tidak Muda Lupa

Apabila seseorang ternyata sudah sampai pada stadium diagnosa Alzheimer maka seorang dokter biasanya hanya memberikan beberapa obat yang bisa untuk memperlambat saja dan tidak bisa menyembuhkan.

Baca Juga  Orangtua Hindari Bertengkar Di Depan Anak, Karena Dapat Berdampak Tidak Baik Pada Psikologi Anak

Seseorang yang sudah mengalami penyakit Alzheimer, maka akan mengalami gangguan pada fungsi otak baik kognitif, memori, bahasa, emosi dan eksekutif. Hal ini akan sangat berbahaya karena orang yang terkena Alzheimer bukan hanya tidak mampu berpikir dan mengingat, namun mereka juga tidak mampu melakukan hal-hal sederhana seperti makan, mandi dan buang air.

Seseorang akan mengalami Alzheimer jika dalam otaknya terjadi penempelan sebuah zat berbahaya yang bernama beta amiloid  yang bersifat pekat dan sangat mudah menempel pada bagian otak.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Yang Kram ?

Secara normal semua orang mempunyai kandungan zat beta amiloid ini dalam tubuhnya. Namun jumlah yang kekentalannya tidak seperti pada pasien Alzheimer yang cenderung lebih banyak dan lebih kental.

Bagaimana cara mencegah agar kita tidak terjangkit penyakit ini ? Menurut para ahli caranya adalah dengan cara menerapkan pola makan yang sehat. Jaga asupan makan anda dengan mengurangi asupan lemak hewani dan lebih banyak konsumsi buah dan sayuran. Anda bisa mendapatkan sumber protein dari ikan dan sumber protein nabati lainnya.

Selain menerapkan pola makan yang sehat., sangat disarankan untuk rajin berolahraga. Berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa melakukan olahraga rutin aerobik selama 45 menit yang dilakukan sebanyak seminggu empat kali bisa sangat bagus bagi kesehatan tubuh dan saraf otak.

Baca Juga  Tips Membuat Ketiak yang Hitam Menjadi Lebih Cerah dengan Bahan Alami

Melakukan olahraga secara rutin juga terbukti bisa menurunkan kadar protein beta amiloid dalam tubuh yang bisa memicu munculnya Alzheimer. Untuk itu ayo budayakan hidup sehat dengan rajin berolahraga setiap hari.

Artikel Terkait : Waspada Akan Tanda-tanda Dimensia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *