Tips Mudah Mengatasi Mata Yang Kering

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Pasti kita pernah merasakan mata yang kering, gatal dan perih. Ya hal ini memang sering kali dialami oleh banyak orang. Sebenarnya mata kering disebabkan karena kondisi air mata yang minim yang berfungsi untuk melembabkan dan sekaligus menutrisi mata. Jika anda mengalami mata kering, maka bisa melakukan beberapa tips mudah yang akan kami bagikan ini.

Kondisi mata kering sering kali melanda kaum lansia. Hal ini disebabkan karena pengaruh kesehatan mata yang menurun dalam memproduksi air mata yang sangat vital perannya dalam menjaga kesehatan permukaan dan mampu menjernihkan mata.

cara mengatasi mata kering

Untuk melakukan pembersihaan mata, maka secara alami mata kita melakukan kedipan. Saat itu ada air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan mata untuk menghindari mata menjadi kering.

Sebenarnya bukan hanya itu saja fungsi dari air mata. Beberapa fungsi yang lain selain sebagai kelembaban mata adalah mencegah terjadinya infeksi pada mata, mengeluarkan kembali benda asing yang masuk pada mata, dan membuat permukaan mata menjadi tetap sehat, bersih dan jernih.

Baca Juga  Alasan Mengapa Tidak disarankan Mencukur Bulu Kemaluan Sebelum Berhubungan Seks

Seseorang yang mengalami mata kering disebabkan karena produksi air mata yang menurun serta drainase yang kurang baik. Saat terjadi banyak produksi air mata yang keluar, maka proses pembuangan akan melalui sudut-sudut yang terletak pada bagian kelopak mata. Setelah itu air mata akan mengalir menuju hidung tepatnya bagian belakang.

Berikut beberapa tips mudah mengatasi mata yang kering yang bisa anda lakukan :

1. Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mata yang kering adalah dengan cara menjaga kelembaban udara di dalam rumah dengan cara memasang humidifier. Dengan begitu, maka akan mengurangi resiko penguapan air mata sehingga mata kita merasa lebih nyaman.

Baca Juga  Memakai Kacamata Hitam Dapat Menjadi Salah Satu Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

2. Terkadang saat kita duduk depan kipas angin bisa menyebabkan mata kita menjadi kering. Hal ini disebabkan karena adanya hembusan angin yang cepat yang membuat mata kita lebih mudah kering. Solusinya adalah mengurangi kecepatan kipas angin yang kita gunakan.

3. Mata kering bisa disebabkan karena adanya masalah pada kelopak mata yang memproduksi air mata. Untuk mengatasi hal ini bisa kita lakukan pijatan halus pada area kelopak mata dengan mengunakan sampo bayi atau menggunakan air hangat sambil dikompres.

4. Tips yang ke empat adalah dengan menggunakan bantuan obat tetes mata yang bisa kita beli di apotek terdekat. Hal ini bisa membantu mengatasi mata yang kering dan membuat mata lebih nyaman. Anda bisa menggunakan obat tetes mata ini sesuai dengan anjuran yang diberikan pada bungkus obat.

Baca Juga  Beberapa Tanda Kalau Anak Bergizi Baik

5. Selain menggunakan obat tetas mata, untuk melembabkan mata kita juga bisa memilih salep pelumas mata yang bentuknya lebih kental yang bisa bertahan lebih lama untuk melembabkan mata.

6. Tips terakhir adalah jika anda merasakan sering mata kering karena lama menonton TV atau bermain gadget, maka sebaiknya mengurangi kebiasaan ini. Selanjutnya anda bisa melakukan istirahat karena mata kita sebenarnya lelah.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

Artikel Terkait : Cara Mencegah Agar Mata Tidak Mudah Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *