Tips Merawat Gigi Susu Pada Anak

InspirasiBersama.com – Gigi susu pada anak memang nantinya akan tanggal secara alami, namun bukan berarti kita tidak harus menjaganya. Menjaga gigi susu pada anak agar terhindar dari lubang dan karies sangat penting karena menjaga ruang sebagai tempat tumbuhnya gigi permanen selanjutnya.

 

Menjaga gigi susu anak tetap sehat dan kuat sampai pada saatnya tanggal amatlah penting. Apabila ternyata gigi susu anak mengalami lubang atau karies dan menyebabkan tanggal prematur, maka dampaknya akan memicu pertumbuhan gigi permanen yang kurang rapi atau berantakan.

sumber gambar : Vemale.com

 

Baca Juga  Mencegah Rambut Agar Tidak Cepat Beruban Dengan Bahan Alami

Banyak para orang tua yang beranggapan salah tentang menjaga kesehatan gigi susu. Mereka beranggapan bahwa menjaga kesehatan gigi susu tidak terlalu penting karena toh nantinya akan tanggal juga. Ini merupakan anggapan yang salah.

 

Bagi anak bayi tetap disarankan untuk menjaga kesehatan gigi termasuk gigi susu. Bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan rutin menyikat gigi bayi dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan ukuran yang sesuai.

Baca Juga : Bahaya Jika Menyikat Gigi Dengan Menggunakan Sikat Gigi Yang Keras

 

Anda juga boleh menambahkan pasta gigi saat menyikat gigi bayi, namun jumlahnya sedikit saja. Kalau di kira-kira ya sebesar butir beras saja sudah cukup.

Baca Juga  Deretan Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Nyeri Haid

 

Kandungan flouride pada pasta gigi juga bermanfaat untuk menguatkan enamel gigi bayi anda. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi. Anda bisa melakukan sikat gigi pada bayi sebanyak dua kali dalam sehari.

 

Secara normal, bayi akan mengalami pertumbuhan gigi susu saat usia mencapai 5-6 bulan. Saat bayi selesai mendapatkan ASI eksklusif setelah masa enam bulan, maka biasanya ada banyak makanan tambahan yang dikonsumsi bayi. Hal ini bisa menyebabkan gigi bayi menjadi mudah kotor. Untuk itu sebagai orang tua harus rutin membersihkan gigi anak dengan menyikat giginya dua kali dalam sehari dengan menggunakan pasta gigi.

Baca Juga  Bahaya Tertidur Saat Nonton TV

Artikel Terkait : Dampak Negatif Anak Yang Suka Ngedot Sebelum Tidur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *