Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

header niko 728 x 90

langsing sambil puasa

InspirasiBersama.com – Meskipun melakukan puasa, tidak sedikit orang yang justru mengalami peningkatan berat badan. Kebanyakan dari mereka disebabkan karena makan yang berlebihan pada saat berbuka puasa atau biasa dikenal dengan istilah ‘balas dendam’ karena seharian tidak makan dan minum. Untuk itu penting sekali menyimak tips menurunkan berat badan saat puasa.

Sebenarnya pada saat bulan Ramadhan sekarang ini merupakan momentum yang sangat tepat bagi anda untuk menurunkan berat badan yang sekaligus membuat tubuh kita jauh lebih sehat. Namun ternyata tidak semua orang bisa memanfaatkan momentum ini.

Untuk menghindari peningkatan berat badan saat puasa, maka anda perlu memperhatikan beberapa tips yang perlu kita lakukan saat menjalankan puasa Ramadhan :

1. Hindari makanan berlemak tinggi
Tips pertama yang harus kita lakukan agar berat badan kita tidak naik meskipun puasa adalah menghindari konsumsi makanan yang berlemak. Pada saat kita sahur, maka makanlah menu yang sehat dan seimbang, jangan makan –makanan yang terlalu pedas serta hindari makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan. Anda bisa mengganti makanan berlemak dengan buah dan sayur yang lebih sehat.

Baca Juga  Benarkah Jika Waktu Makan Yang Paling Penting Ialah Ketika Sarapan?

Baca Juga : Makanan Apa Saja Yang Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama ?

2. Jangan lewatkan makan sahur
Banyak orang yang beranggapan dengan tidak melakukan sahur maka akan lebih cepat menurunkan berat badan saat berpuasa. Ternyata anggaapan ini salah besar. Jika anda ingin menurunkan berat badan jangan lewatkan makan sahur. Saat seseorang tidak makan sahur, maka justru akan membuat proses metabolisme tubuh menjadi lambat dan proses pembakaran lemak juga menurun.

3. Jangan kurang cairan
Tips ketiga yang harus kita perhatikan agar berat badan turun saat berpuasa adalah menjaga asupan cairan yang cukup. Kita harus cukup minum air putih dan jus buah yang membuat kebutuhan cairan tubuh kita tercukupi sehingga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik yang berdampak pada penurunan berat badan tubuh.

Baca Juga  Lakukan 3 Kebiasan Ini Saat Hamil Agar Bayi Kita Cerdas

4. Tinggi serat dan protein
Konsumsi makanan yang tinggi serat dan protein ternyata sangat bagus saat kita berpuasa. Menu makanan ini sebaiknya kita konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Dengan menu makanan tinggi serat dan protein, maka membuat rasa kenyang yang lebih lama dan membuat proses pembakaran kalori tubuh pada malam hari setelah berbuka menjadi lebih baik.

5. Lakukan aktivitas fisik
Kebanyakan orang saat berpuasa justru menjadi lebih malas untuk beraktivitas. Padahal mengkombinasikan antara konsumsi makanan yang sehat dengan aktivitas fisik yang cukup membuat proses penurunan berat badan tubuh berjalan lebih baik.

6. Kurangi makanan manis
Saat menjalankan puasa, melihat makanan dan minuman yang manis memang sangat menggiurkan. Namun jika anda ingin berat badan bisa turun saat berpuasa, maka hindari makanan dan minuman yang manis. Untuk menggantinya anda bisa mengkonsumsi jus buah yang memberikan rasa manis secara alami.

Baca Juga  Kiat Untuk Membentuk Anak Yang Cerdas

7. Tahan nafsu makan berlebih
Saat datang waktu berbuka puasa, memang hasyrat kita untuk makan secara berlebihan akan muncul. Ini merupakan hal yang wajar karena kita seharian sudah menahan rasa lapar dan haus. Namun anda harus ingat, dengan makan secara berlebihan saat berbuka puasa akan membuat tubuh kita lemas, malas beraktivitas dan membuat berat badan kita akan meningkat.

Artikel Terkait : Apa Yang Membuat Asam Lambung Meningkat Saat Puasa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *