Tips Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

header niko 728 x 90

sperma pria

Sekarang ini sering kita menjumpai pasangan suami istri yang bertahun-tahun tetapi belum dikarunia sebuah anak dalam keluarga mereka. Banyak faktor yang mempengaruhi infertilitas pada pria yang terjadi marak pada zaman modern sekarang ini. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi adalah gaya hidup.

Secara umum apabila kita menginginkan sperma kita berkualitas, maka hindarilah merokok, hindari stress, lakukan olahraga secara teratur dan sebisa mungkin menghindari makanan yang cepat saji.

Untuk lebih lengkapnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma seorang pria, diantaranya :

1. Asup makanan yang berwarna merah
Makanan yang berwarna merah sangat bagus bagi kesehatan sperma pria. Buah yang berwarna merah kaya akan kandungan likopen, antioksidan yang sangat bagus bagi sperma. Dengan melakukan makanan yang berwarna merah mampu meningkatkan sekitar 80 persen kualitas sperma pria.

2. Hindari memangku laptop
Banyak orang yang mempunyai kebiasaan memangku laptop saat menggunakannya. Padahal hal ini sangat tidak bagus terutama bagi pria dalam kesehatan sperma mereka. Dengan kita memangku laptop maka skrotum kita akan merasakan panasnya laptop tadi. Dengan demikian akan bisa merusak kualitas DNA pada sperma kita.

Baca Juga  Ternyata Obat Anti-impotensi Bisa Berdampak Baik Bagi Kesehatan Jantung

3. Protein yang cukup
Tips ketiga yang harus kita lakukan adalah harus banyak makan makanan yang banyak mengandung protein. Contohnya adalah daging, ayam, ikan, telur kaya akan kandungan protein. Disamping protein hewani anda harus mengimbangi dengan asupan protein nabati berupa kacang mete, kacang dan biji labu.

4. Hindari kacang kedelai
Untuk menjaga kualitas sperma kita, maka jangan makan kacang kedelai dalam jumlah yang banyak. Mengapa demikian ? karena hal ini bisa menyebabkan efek estrogenik ( mirip pada hormon wanita ) sehingga bisa menurunkan produksi sperma pada laki-laki.

5. Jangan lupakan mineral
Makanlah makanan yang banyak mengandung mineral seperti vitamin C, zinc, selenium dan asam folat. Contoh makanan yang banyak mengandung zinc adalah bayam dan labu. Untuk buah yang mengandung vitamin C kita bisa konsumsi pepaya dan citrus.

Baca Juga  Ternyata Orang Yang Gemuk Belum Tentu Identik Dengan Penyakit

6. Hindari pemakaian plastik untuk makanan
Sebisa mungkin kita menghindari makanan yang dibungkus dengan plastik. Karena makanan yang dibungkus dengan plastik mengandung bahan kimia yang terkandung dalam plastik itu. Dengan demikian akan bisa tercampur pada makanan yang dibungkus oleh plastik tadi.

7. Konsumsi Omega 3
Makan makanan yang banyak mengandung omega 3 sangat baik bagi kesehatan sperma pria. Diantara makanan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan laut seperti tuna, salmon dan minyak zaitun. Sebenarnya sperma itu terdiri dari kandungan protein dan lemak. Makanya kesehatan sperma tidak lepas akan kandungan protein dan lemak yang dikonsumsi.

8. Minum kopi
Minum kopi yang cukup mampu menyehatkan sperma laki-laki. Tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak malah akan menimbulkan masalah kesehatan yang lain. Normalnya adalah 1-2 gelas perhari saja sudah cukup.

Baca Juga  Begini Cara Mengusir Hidung Yang Mampet

9. Latihan fisik
Lakukan olahraga secara rutin untuk meningkatkan kualitas sperma. Dengan kita melakukan olahraga secara teratur maka akan bisa meningkatkan sirkulasi udara termasuk sirkulasi yang masuk ke penis. Dengan demikian maka akan banyak pasokan oksigen dan nutrisi pada skrotum kita.

10. Konsumsi kalsium dari sayuran
Yang terakhir adalah perbanyak konsumsi sayuran yang banyak mengandung kalsium. Kalsium dalam sayuran berperan dalam membersihkan hati dan mampu mengeluarkan racun jahat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita.

 

Artikel Terkait : Tips Hidup Sehat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *