Tips Menghentikan Kebiasaan Mengisap Jempol Pada Anak

header niko 728 x 90

menghisap jempol pada anakMenghisap jempol yang dilakukan oleh bayi dan anak-anak merupakan kebiasaan normal yang biasa dilakukan. Tetapi kalau kebiasaan itu berlangsung sampai usia 4-6 tahun maka itu akan berdampak negatif bagi perkembangan anak kita. Lantas bagaimana caranya agar anak kita bisa berhenti dari kebiasaan hisap jari ?
Kebiasaan hisap jari pada bayi secara alami akan menghilang dengan sendirinya ketika sang anak mulai berkembang dan beranjak dewasa. Tetapi dalam kenyataannya masih sering kita jumpai seorang anak yang berusia 4-6 tahun yang masih mempunyai kebisaan menghisap jari, dan itu membuat para orang tua geram dan menganggap susah untuk bisa merubah pola kebiasaan anaknya.
Mengapa sebagai orang tua harus bisa pandai-pandai menghentikan kebiasaan anaknya yang sering menghisap jempot ? karena jika kebiasaan ini berlangsung sampai usia 5 tahun akan mengganggu kesehatan mulut anak kita. Tentunya kita tidak mau bukan anak kita mengalami gangguan kesehatan mulut yang bisa mengganggu tumbuh kembang anak kita. Sangat disarankan untuk bisa mneghentikan kebiasaan menghisap jari pada usia 3 tahun. Dengan kebiasaan ini akan membuat gigi depan atas akan terdorong ke depan dan gigi depan bawah akan terdorong ke belakang.
Berikut beberapa masalah yang akan terjadi jika anak kita mempunyai kebiasan menghisap jari sampai usia 5 tahun :

Baca Juga  Menstruasi Bisa Menjadi Indikator Panjang Usia Seorang Wanita

1. Langit-langit mulut akan terdorong ke atas menyebabkan berbagai masalah termasuk masalah bicara.
2. Lengkung gigi sempit.
3. Gigi berjejal oleh karena lengkung gigi sempit.
4. Kulit pada jempol pecah-pecah dan kapalan.
5. Dapat menyebabkan infeksi pada jari dan kuku
6. Peningkatan risiko terinfeksi cacing kremi.
7. Dapat Meningkatnya risiko infeksi lain.
Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar anak kita bisa berhenti dari kebiasaan menghisap jari :

Baca Juga  Benarkah Cukup Dengan Rutin Bercinta Bisa Membuat Kulit Kita Berseri ?
  • Yang perlu kita lakukan adalah lebih memilih untuk melakukan pujian pada anak dari pada memarahi anak saat melakukan hisap jari.
  • Kebiasaan seorang anak untuk melakukan kebiasaan mengisap jari dikarenakan alasan kecemasan. Untuk itu kita harus bisa menciptakan dan menawarkan kepada anak kita kenyamanan dan menghindarkan anak kita dari kecemasan.
  • Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi dan mengupayakan agar si dokter menjelaskan kepada anak akan masalah yang ditimbulkan jika sering mengisap jari.
Baca Juga  Diet Ala Orang Jepang Yang Dipercaya Bisa Membuat Panjang Umur

Ada cara lain yang direkomendasikan oleh seorang dokter yaitu dengan membalut jempol anak dengan perban dan mengoleskan sesuatu yang rasanya tidak enak. Hal ini akan bisa mengurangi kebiasaan anak suka menghisap jari.

 

Artikel Terkait : Dampak Kebiasaan Menghisap Jari Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *