Tips Menggunakan Earphone Agar Tidak Merusak Pendengaran

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Perkembangan dunia komunikasi sekarang ini membuat banyak orang tidak bisa lepas dengan yang namanya earphone. Cukup dengan menghubungkan ke smartphone, maka kita bisa mendengarkan musik yang kita sukai. Namun tahukah anda tips aman menggunakan earphone agar tidak merusak pendengaran ?

Ada banyak alasan seseorang menggunakan earphone. Sering kali kita menjumpai di tempat umum mereka menggunakan earphone. Dengan alasan menghindari suasana yang bising, mereka lebih memilih mendengarkan musik menggunakan earphone.

sumber gambar : http://www.sarangsemut.my.id

Tanpa disadari terkadang sering kali kita melihat sendiri orang yang menggunakan earphone di tempat umum yang suara sampai kitapun ikut mendengar. Coba bayangkan betapa kerasnya orang tersebut mendengarkan musik dengan earphone ?. Kebiasaan yang seperti ini tentu tidak bagus bagi kesehatan pendengaran.

Baca Juga  Penyebab Anak Menjadi Sulit Fokus

Bahkan menurut para pakar kesehatan megatakan bahwa suka menggunakan earphone dengan volume yang keras akan menyebabkan gangguan pendengaran atau bahkan mengalami tuli permanen.

Baca Juga : Suara Bising Ternyata Bisa Memicu Penyakit Jantung

Saat kita terlalu sering mendengar suara keras lewat earphone, maka akan membuat sel-sel rambut pada telinga merasa capek. Akibatnya akan membuat fungsi pendengaran menurun.

Baca Juga  Penyebab Bibir Wanita Terlihat Lebih Hitam

Bukan berarti menggunakan earphone merupakan hal yang dilarang secara kesehatan. Namun yang harus diperhatikan adalah volumenya. Para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak menggunakan earphone dengan volume melebihi 60 persen dan selama lebih dari 60 menit.

Ada satu lagi yang paling berbahaya yaitu mendengarkan musik dengan earphone sampai kita tertidur. Kebiasaan ini tentu sangat tidak bagus bagi kesehatan pendengaran kita.

Baca Juga  Benarkah Makanan Yang Berjamur Aman Untuk Dikonsumsi ?

Artikel Terkait : Beberapa Kesalahan Yang Sering dilakukan Banyak Orang Pada Telinga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *