Tips Mengenali Pelumas Mesin Yang Palsu

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Pada sebuah mesin kendaraan, peran sebuah oli pelumas sangatlah vital. Dengan adanya pelumas mesin, maka bisa mencegah terjadinya panas yang berlebihan serta mendukung pergerakan komponen dalam mesin berjalan dengan baik. Lantas bagaimana jadinya jika pelumas mesin tersebut palsu ?

 

Tak dipungkiri bahwa sampai saat ini masih ada pelumas palsu yang beredar dengan berbagai merek. Hal ini tentunya sangat merugikan para konsumen yang akan menyebabkan motor atau mobil cepat rusak. Oleh karena itu para konsumen dituntut untuk jeli mengenali pelumas mesin yang palsu.

sumber gambar : kompas.com

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengenali pelumas mesin yang palsu adalah dengan melihat kode pengaman yang terletak pada penutup botol pelumas. Kalau bentuknya tidak sejajar dan tidak sama, maka besar kemungkinan itu adalah pelumas palsu.

Baca Juga  Ini Toh Bedanya Yel-yel Ala AKMIL dan AKPOL

 

Kemudian yang perlu diperhatikan juga adalah empat cetakan kode pada bagian bawah botol. Kalau empat cetakan kode tersebut tidak ada dan terlihat jendela botol memiliki bentuk yang lebih besar, maka curigai sebagai pelumas mesin palsu.

 

Kalau kita perhatikan karakter olinya, pelumas mesin yang palsu memiliki karakteristik yang lebih kental dibandingkan dengan oli yang asli. Untuk kekentalan ini setiap pelumas mesin memang memiliki perbedaan tersendiri.

Baca Juga  Benarkah Nissan Berencana Menghentikan Produksi Juke ?

 

Kalau kita menggunakan oli mesin yang palsu, pada awalnya memang motor bisa berjalan. Namun setelah beberapa waktu anda gunakan, maka muncul kejanggalan pada mesin yang memicu kerusakan.

 

Untuk menghindari adanya pelumas mesin yang palsu ini, maka sangat disarankan untuk membeli pelumas mesin pada tempat-tempat resmi atau bengkel resmi. Dengan begitu akan terjaga kualitasnya dan mesin motor kita lebih awet.

Baca Juga  Menciptakan Liburan Seru Di Rumah Dengan Anak

Artikel Terkait : Mengapa Knalpot Kendaraan Saya Keluar Air ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *