Tips Mengenali Masalah Kesehatan Pada Payudara Wanita

header niko 728 x 90

mengenali-masalah-pada-payudara

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali wanita yang tidak tahu tentang kesehatan payudara. Mereka mengaku tidak tahu bagaimana cara mendeteksi adanya gangguan kesehatan pada payudara. Ini adalah sebuah fakta yang banyak terjadi pada sebagian besar wanita.

 

Apalagi kita tahu bahwa payudara merupakan organ wanita yang juga rentan terhadap resiko masalah kesehatan. Resiko terburuk yang terjadi pada payudara wanita adalah terjadinya kanker. Untuk mencegah hal ini, maka seorang wanita sangat penting mengetahui bagaimana cara mendeteksi adanya masalah kesehatan pada payudara.

Baca Juga : Mengapa Kanker Payudara Mempunyai Bau Yang Tidak Sedap?

 

Hal yang paling umum untuk mendeteksi kesehatan payudara seorang wanita adalah adakah benjolan, adakah rasa yang tidak nyaman pada payudara, dan adakah perubahan warna dan tekstur pada payudara.

 

Banyak diantara wanita yang tidak mengetahui kalau benjolan yang terjadi pada payudara tidak semuanya berbahaya atau bersifat kanker. Ada beberapa jenis benjolan pada payudara yang bersifat non-kanker yang tidak mengancam nyawa seseorang. Apabila seorang wanita tidak mengetahui hal ini, maka akan menyebabkan kecemasan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga  Hubungan Sering Makan Asam Dengan Gigi Keropos

 

Masalah kesehatan pertama yang sering kali terjadi pada payudara adalah adanya kebengkakan dan terasa lebih kencang. Kondisi payudara yang seperti ini sering kali terjadi pada wanita PMS atau premenstrual syndrome. Gejala ini biasanya disertai dengan perubahan suasana hati dan badan terasa pegal-pegal.

 

Kondisi ini terjadi secara alami yang \disebabkan karena perubahan hormonal pada wanita yang menstruasi. Ada banyak perubahan komposisi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita yang hendak menstruasi.

 

Bengkaknya payudara yang terjadi disebabkan karena pada masa prahaid ada banyak cairan yang harus ditahan dalam payudara seorang wanita. Kondisi ini akan lebih berat lagi jika seorang wanita suka mengkonsumsi makanan yang asin dan kafein yang memicu lebih banyak cairan dalam tubuh.

Baca Juga  Mengapa Sedekah Bisa Membuat Kita Lebih Bahagia ?

 

Masalah kesehatan selanjutnya yang sering kali terjadi pada payudara adalah munculnya sisik pada bagian puting. Kondisi ini biasanya disebabkan karena penggunaan bra yang salah. Hal ini disebabkan karena menggunakan bra yang salah akan memicu gesekan pada puting dan areola sehingga membuat kondisi menjadi bersisik. Pilihlah bra yang nyaman dan ukuran pas dengan bentuk payudara anda.

 

Untuk mencegah hal semacam ini, maka usahakan memilih jenis bra yang lembut yang tidak menyebabkan banyak gesekan pada payudara. Selain itu sangat penting juga untuk memperhatikan kebersihan payudara dengan cara rajin mencuci dengan air dan sabun dengan lembut. Anda juga bisa menggunakan sebuah krim yang mengandung hidrokortisol yang bisa mengatasi peradangan yang terjadi.

Baca Juga  Hubungan Antara Suhu Dingin Dengan Meningkatnya Nafsu Makan

 

Selanjutnya adalah payudara yang terasa hangat, nyeri dan berwarna merah. Pada kondisi ini terjadi akibat adanya infeksi yang terjadi pada bagian jaringan payudara yang kita kenal dengan sebutan mastitis. Apabila anda merasakan payudara yang demikian, maka sangat disarankan untuk memeriksakan lebih lanjut ked dokter untuk mendapatkan penaganan yang tepat sehingga menghindarkan berbagai macam resiko yang lebih buruk lagi.

Artikel Terkait : Hubungan Antara Stres Dengan Timbulnya Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *