Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

header niko 728 x 90

kolesterol tinggi

InspirasiBersama.com – Kita tahu bahwa kolesterol merupakan lemak jahat yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Apabila kita memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka kita beresiko besar terkena beberapa penyakit berbahaya misalnya jantung, stroke dan gangguan pembuluh darah. Untuk mengantisipasi ini semua, kita perlu mengenali tanda kolesterol yang tinggi.

Sebenarnya meningkatnya kadar kolesterol dalam darah tidak memunculkan gejala yang jelas. Bahkan para ahli mengatakan peningkatan kadar kolesterol disebut sebagai silent killer yang artinya pembunuh secara perlahan. Namun apabila kadar kolesterol sudah tinggi, maka biasanya menimbulkan beberapa gejala berikut :

·         Yang pertama adalah angina. Merupakan masalah pada jantung yang disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah arteri.

Baca Juga  Jangan Sepelekan Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh Karena Bisa Menjadi Penyakit Paru Kronik

·         Gejala kedua saat kolesterol tinggi adalah terjadinya serangan jantung secara mendadak. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang mengarah ke jantung tersumbat sehingga aliran darah terhambat.

·         Apabila sumbatan pembuluh darah terjadi pada leher atau yang mengarah ke otak, maka seseorang akan mengalami serangan stroke.

·         Gejala meningkatkanya kadar kolesterol selajutnya bisa terlihat dengan adanya gejala terjadinya nyeri pada kaki. Hal ini diseabbkan karena terjadi sumbatan pada pembuluh darah kaki.

 

Faktor risiko
Berikut beberapa faktor resiko meningkatnya kadar kolesterol terjadi pada :

– Peningkatan kadar kolesterol bisa disebabkan karena adanya faktor keturunan, misalnya ibu, ayah atau anggota keluarga lain yang mempunyai riwayat kolosterol.

Baca Juga  Mudah Marah Dapat Memicu Hipertensi

– Mempunyai riwayat kelauarga yang mengalami serangan jantung atau angina pada usia muda

– Orang yang menderita diabetes tipe-2

– Suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh

– Kurang aktivitas fisik

– Adanya penumpukan lemak pada kelopak mata

 

Beberapa faktor resiko diatas bukan menjadi kepastian akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mengantisipasi meningkatnya kadar kolesterol yang menyebabkan gangguan pada jantung dan kardiovaskuler, maka penting juga untuk melakukan cek kolesterol secara berkala maksimal 5 tahun sekali.

 

Faktor risiko lain
– Betambahnya usia juga mempengaruhi peningkatan kadar kolesterol

– Mempunyai keturunan keluarga yang menderita penyakit jantung pada usia dini

Baca Juga  Ternyata Makan Keju Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

– Seseorang yang mempunyai kebiasaan buruk merokok meningkatkan resiko peningkatan kadar kolesterol

– Penderita diabetes tipe-2 juga beresiko mengalami peningkatan kadar kolesterol

– Bagi mereka yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas, maka bisa beresiko mengalami peningkatan kadar kolesterol.

Itulah beberapa tips cara mengenali kadar kolesterol yang tinggi, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait : Mengapa Orang Kurus Juga Beresiko Kolesterol Tinggi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *