Tips Mengenali Gejala Keracunan Sinar Matahari

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tanpa disadari bahwa bermain panas-panas seperti halnya di pantai bisa menyebabkan hal buruk bagi kesehatan kulit kita. Hal ini memang membuat kita senang, namun sinar matahari bisa memberikan ancaman bagi kulit kita.

Mungkin bahasa awam keracunan matahari adalah rasa seperti terbakar pada area kulit yang disebabkan karena terpapar matahari dalam waktu yang lama. Bahasa ilmiahnya adalah fotodermatitis. Kondisi ini akan menyebabkan kulit berubah warna menjadi merah.

sumber gambar : www.teruskan.com

Namun kondisi keracunan matahari kondisinya lebih parah dengan kondisi terbakar oleh sinar matahari. Gejala yang ditimbulkan saat kita keracunan matahari adalah kulit menjadi kering, muncul bintik hitam dan bersifat kasar.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Membuat Aroma Tubuh Pria Menjadi Sensual

Bahkan kondisi lain keracunan matahari bisa menyebabkan penderitanya mengalami demam, mual, kepala menjadi pusing dan alergi pada kulit. Pada kulit akan terasa gatal dan muncul suatu benjolan.

Baca Juga : Cara Mengenali Gejala Kanker Kulit

Menurut para pakar kesehatan kulit mengatakan bahwa untuk mengatasi rasa nyeri pada area kulit yang disebabkan karena keracunan matahari bisa diberikan obat aspirin dan sebuah salep atau krim kortison.

Bagaimana jika kondisi kulit sudah melepuh dan muncul rasa nyeri ? Jika kondisi ini yang terjadi, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga  Manfaat Minum Air Putih Setelah Tidur

Apabila rasa nyeri yang ditimbulkan bisa ditahan, maka sebaiknya anda melakukan kompres pada bagian kulit yang terasa terbakar. Anda bisa menggunakan air atau susu dalam kondisi dingin. Selain itu penting juga untuk banyak minum mencegah dehidrasi.

Lantas bagaimana cara mencegah agar kita tidak mengalami keracunan matahari ? Cara terbaik melindungi kulit kita adalah dengan menggunakan pelindung kulit dengan label SPF. Menggunakan SPF bisa mencegah dari sinar UVB.

Baca Juga  Pentingnya Mengkonsumsi Minuman Ion Saat Sahur

Disarankan pula untuk selalu menggunakan tabir surya saat kita keluar rumah. Hal ini mencegah paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan keracunan matahari yang merusak kesehatan kulit.

Artikel Terkait : Menggunakan Tabir Surya Bisa Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *