Tips Mengenali Gejala Kadar Gula Darah Yang Rendah

header niko 728 x 90

tanda kadar gula darah rendah

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang ternyata belum mengetahui apa tanda kalau kadar gula darah kita rendah. Padahal kadar gula darah yang rendah bisa sangat berbahaya jika tidak mendapatkan pertolongan karena bisa membuat penderitanya tidak sadar. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui gejala kadar gula darah yang rendah.

Kadar gula yang rendah dalam dunia medis disebut dengan hipoglikemia yang artinya kadar gula dalam darah kita mengalami penurunan di bawah batas normal. Kondisi ini bisa terjadi karena kurangnya asupan energi oleh karena kurang makan, puasa, atau gangguan kesehatan yang menyebabkan pasien tidak bisa makan.

Secara normal, tubuh kita membutuhkan kandungan glukosa yang cukup untuk menjaga kadar gula darah normal sehingga bisa menjalankan banyak tugas organ tubuh. Jika ternyata asupan glukosa kita kurang, maka akan menyebabkan penderita menjadi lemas, muncul keringat dingin, gemetar dan bisa sampai tidak sadar.

Baca Juga  Memprihatinkan, Jumlah Perokok Pria Indonesia Peringkat Satu Dunia

Baca Juga : Dampak Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Merusak Organ Seksual

Untuk menjaga agar kadar glukosa dalam darah kita tetap normal, maka sangat disarankan untuk makan yang cukup. Dengan asupan makanan yang masuk, maka akan bisa memenuhi kebutuhan glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh karena itu sering kali kita mengalami rasa pusing, lemas dan keringat dingin saat kita menunda waktu makan dan perut terasa sangat lapar. Hal ini bisa menjadi tanda kalau kadar gula darah kita turun.

Bagi seseorang yang mengalami penyakit diabetes dan hepatitis, maka kondisi hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah meningkatkan resiko munculnya komplikasi kesehatan lain. Kondisi ini akan sangat berbahaya karena bisa membuat penderita menjadi tidak sadar. Sebelum kondisi tidak sadar biasanya mereka akan merasakan cemas, muncul keringat dingin, konsentrasi menjadi menurun, lemas tak bertenaga dan gemetar.

Baca Juga  Manfaat Lain Rutin Melakukan Olahraga Kardio Adalah Meningkatkan Kualitas Sperma

Jika anda tidak mempunyai penyakit diabetes atau orang yang sehat, kondisi rendahnya kadar gula darah tidak akan menjadi indikasi yang berbahaya bagi kesehatan kita. Mungkin anda hanya merasakan badan yang lemas, konsentrasi menurun dan sedikit cemas. Cukup dengan mengasup makanan, maka gejala hipoglikemia akan segera teratasi.

Bagi seseorang penderita diabetes, penurunan kadar gula darah yang kurang dari 70 miligram per desiliter maka akan memunculkan gejala yang lebih serius. Pasien bisa merasakan badan yang sangat lemas, kesadaran yang sedikit turun, tidak nyambung saat diajak komunikasi, dan muncul keringat dingin. Pada kondisi ini pasien harus mendapatkan pengobatan medis untuk bisa segera menaikkan kadar gula darah sehingga kesadaran pasien bisa cepat pulih.

Bagi orang yang sehat, saat mengalami beberapa gejala kadar gula darah yang rendah maka sangat disarankan untuk segera mengasup makanan berupa karbohidrat. Namun bagi penderita diabetes, maka sangat disarankan untuk minum jus buah yang manis.

Baca Juga  Kenali Beberapa Penyebab Lemak Perut Susah Hilang Meskipun Sudah Usaha Dengan Keras

Bagi anda yang saat ini sering merasakan gejala kadar gula darah yang rendah, maka sebaiknya anda sering memeriksakan ke dokter untuk mengetahui kadar gula darah. Selain itu sangat disarankan untuk lebih sering melakukan cek kadar gula darah untuk menghindari kondisi kadar gula darah yang rendah maupun tinggi.

Artikel Terkait : Hati-hati Diabetes, Banyak Orang Yang Tak Sadar Telah Menderita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *