Tips Mengenali Gejala Gagal Ginjal

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tips mengenali gejala gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang kerap kali menyebabkan penderitanya meninggal dunia. Meskipun tergolong berbahaya, banyak orang yang tidak bisa mengenali gejala awal gagal ginjal. Bahkan kondisi ini kerap diabaikan oleh banyak orang.

tanda penyakit gagal ginjal

Berikut tips mengenali gejala gagal ginjal :

Lelah berkepanjangan
Gejala yang dialami oleh penderita gagal ginjal adalah merasakan kelelahan yang berlangsung lama. Kondisi ini tetap saja terjadi meskipun penderita sudah melakukan tidur yang cukup. Hal ini disebabkan karena dalam tubuh penderita gagal ginjal terdapat banyak racun yang tak mampu dikeluarkan oleh tubuh.

Baca Juga  Apakah Miss V Yang Berbau Termasuk Normal ?

Kulit kering
Gejala kedua orang yang mengalami penyakit gagal ginjal adalah mengalami kulit yang kering. Saat ginjal mengalami masalah, maka proses penyaringan darah dan racun dalam tubuh akan berjalan kurang maksimal. Kondisi ini akan menyebabkan kadar mineral dalam tubuh menjadi tidak stabil yang menyebabkan masalah pada kulit berupa kulit kering.

Kerap buang air kecil di malam hari
Bagi anda yang saat ini sering kali merasakan gejala sering buang air kecil pada malam hari, maka bisa jadi itu gejala gagal ginjal. Kondisi ini disebabkan karena penderita gagal ginjal biasanya juga mengalami masalah infeksi atau masalah pada organ prostat yang erat kaitannya dengan fungsi perkemihan.

Baca Juga  Lebih Baik Mana, Mencuci Wajah Dengan Air Dingin atau Air Panas?

Urine berbusa
Saat anda melakukan buang air kecil, coba sesekali amati apakah kencing anda mengandung busa atau tidak. Urine yang berbusa bisa menjadi pertanda adanya fungsi ginjal yang kurang baik. Busa pada urine disebabkan karena adanya kandungan protein yang ikut keluar bersama dengan urine.

Mata bengkak
Gejala selanjutnya seseorang yang mengalami gagal ginjal adalah mengalami pembengkakan pada mata. Kondisi ini menandakan kalau kadar protein yang tinggi dalam tubuh seseorang. Bukan hanya pada mata saja yang mengalami pembengkakan, kondisi yang sama juga terjadi pada pergelangan kaki.

Baca Juga  Dampak Buruk Kurang Tidur Bisa Membuat Kadar Kolesterol Naik

Sensasi pahit pada mulut
Gejala yang terakhir seseorang yang mengalami gagal ginjal adalah merasakan sensasi pahit pada mulut. Kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tanpa penyebab yang jelas.

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : 5 Gejala Diabetes Yang Sering dilupakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *