Tips Mengenali Anak Yang Mengalami Trauma Setelah Mengalami Kekerasan Fisik

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa seorang anak yang pernah mengalami kekerasan fisik bisa mengalami trauma. Trauma yang terjadi bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental anak. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya orang tua peka mengenali anak yang mengalami trauma pasca kekerasan fisik.

trauma-pada-anak

cara mengenali anak yang trauma pasca kekerasan

Menurut para pakar kesehatan anak dampak yang di akibatkan oleh trauma mempunyai derajat yang berbeda setiap anak. Ada kalanya trauma tersebut hanya bersifat ringan dan ada juga yang berat. Untuk dampak fisik juga bervariasi ada yang berat dan ringan.

Baca Juga  Begini Cara Mengusir Hidung Yang Mampet

 
Kalau trauma yang di alami anak bersifat ringan, itu bukan hal yang perlu di cemaskan. Anak biasanya akan merasa sedikit cemas dan takut, namun hal itu tidak akan bertahan lama. Setelah beberapa hari kemudian anak akan kembali bertingkah seperti semula tanpa seperti tidak mengalami hal trauma.

Meskipun demikian, orang tua juga dituntut untuk mengenali kondisi ini. Dengan mengenali gejala anak yang mengalami trauma pasca kekerasan, maka orang tua bisa memberikan terapi supaya anak lebih cepat untuk melupakan trauma tersebut dan tidak lagi takut dan cemas.

Baca Juga  Ini Dia Manfaat Jika Kita Rutin Sarapan Telur

Baca Juga : 3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang dilarang diucapkan Kepada Anak

Yang kita takutkan adalah anak mengalami trauma yang berat. Jika anak mengalami trauma yang berat, akan mengalami gangguan baik fisik maupun mental. Secara fisik akan mengalami luka yang cukup parah, membekas dan bisa mengalami penurunan nafsu makan.

 

Sedangkan untuk dampak secara psikologis, anak bisa mengalami gemetaran saat bertemu dengan orang lain, menjadi anak yang pemalu, depresi dan sulit bersosialisasi dengan orang lain. Dampak psikologis akan jauh lebih besar berpengaruh pada perkembangan anak.

Untuk mengembalikan anak yang pasca trauma kekerasan, maka sangat penting adanya dukungan dari lingkungan sekitar terutama orang tua. Hal itu berlaku untuk dampak trauma baik yang ringan maupun berat. Dengan adanya dukungan yang kuat, maka anak akan lebih cepat untuk pulih dari trauma.

Baca Juga  Ini Dampak Jika Wanita Suka Bercinta Dengan Banyak Pria

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Trauma ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *