Tips Mengenali Anak Yang Menderita Kanker Darah

header niko 728 x 90

leukemia pada anak

InspirasiBersama.com – Tingginya penderita kanker darah pada anak-anak membuat para orang tua harus ekstra waspada. Para orang tua dituntut mampu mengenali gejala seorang anak yang menderita kanker darah. Sampai saat ini para ahli belum menemukan penyebab pasti terjadinya kanker darah yang sering melanda anak-anak.

Munculnya penyakit kanker adalah pada anak menurut para ahli tidak dapat dicegah. Bahkan sampai saat ini belum ada tindakan yang efektif untuk mencegah seorang anak agar terhindar dari kanker darah.

Untuk itu para ahli sangat menyarankan kepada para orang tua untuk selalu waspada tentang hal-hal yang aneh yang terjadi pada anak. Yang lebih penting lagi adalah orang tua mengerti tentang gejala-gejala seorang anak yang menderita kanker darah.

Meskipun kanker darah tergolong jenis penyakit yang sulit untuk dicegah, bukan berarti tidak dapat disembuhkan. Jika gejala kanker darah diketahui sejak dini, maka harapan kesembuhan juga tinggi.

Baca Juga  Kacang Rebus Bisa Menjadi Solusi Bagi Anak Yang Alergi

Untuk itu sebagai orang tua harus mengetahui beberapa gejala seorang anak yang menderita kanker darah :

1. Wajah pucat

Tanda pertama seorang anak yang mengalami kanker darah adalah tampak pucat. Wajah yang pucat menjadi tanda atau gejala yang mudah untuk dikenali saat melihat wajah anak. Kondisi ini disebabkan karena adanya penurunan kadar eritrosit dalam darah sehingga membuat kadar Hb turun.

Baca Juga : Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif

2. Sering demam tanpa sebab

Tanda kedua anak yang menderita kanker darah adalah sering mengalami demam yang tidak jelas sebabnya. Seorang anak yang mengalami kanker darah akan mengalami penurunan kadar sel darah putih (leukosit) yang menjadi antibodi alami tubuh. Padahal kalau pada kasus demam biasa, saat badan kita demam maka akan terjadi peningkatan kadar leukosit bukan malah menurun seperti yang terjadi pada kasus kanker darah atau leukemia. Jika anda mendapati anak anda sering demam tanpa penyebab yang jelas, maka sangat disarankan untuk datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga  Jika Menemukan Uban Pertama Kali di Kepala, Lakukan Hal Ini

3. Perdarahan

Gejala ketiga adanya leukemia atau kanker darah pada anak adalah terjadinya perdarahan yang sering terjadi pada gusi, kulit atau hidung berupa mimisan. Kondisi perdarahan pada kasus kanker darah disebabkan karena kadar trombosit dalam darah mengalami penurunan.

Jika kanker darah sudah mencapai stadium yang lebih lanjut, maka gejala bisa lebih parah bisa disertai dengan adanya sering kejang, terjadi pembengkakan gusi, nyeri pada tulang, perut yang membesar, dan testis yang tampak besar dan jika diraba menjadi terasa keras.

Baca Juga  Kabar Gembira, Radiasi Ponsel Tidak Menyebabkan Kanker Otak

Itulah tips mengenali anak yang menderita kanker darah atau leukemia. Jika anak anda sering mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan tadi, maka sebaiknya anda memeriksakan anak anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sebelum penyebaran penyakit lebih lanjut.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Autisme Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *