Tips Mengatasi Nyeri Haid Dengan Yoga

header niko 728 x 90

gerakan yoga pereda nyeri haid

InspirasiBersama.com – Ternyata bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, yoga juga bisa mengatasi nyeri haid. Banyak sekali kita menjumpai banyak wanita yang mengeluhkan nyeri haid yang membuat aktivitas mereka menjadi terganggu. Misalnya saja saat kondisi bekerja yang diharuskan kita untuk tampil optimal, namun karena mengalami nyeri haid maka kinerja kita menjadi kurang optimal.

Kita tahu bahwa dalam gerakan yoga banyak sekali manfaat yang kita dapat salah satunya adalah membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks. Menurut salah seorang pendiri Komunitas Yoga mengatakan ada gerakan yoga yang sangat baik untuk meredakan nyeri haid. Gerakan tersebut adalah Janu Sirsahana (head to knee pose).

Baca Juga  Manfaat Mempunyai Sifat Sabar Bisa Memperpanjang Usia

Gerakan tersebut artinya mencium lutut. Gerakan ini dipercaya bisa membuat nyeri haid menurun. Hal ini dikarenakan kalau kita melakukan gerakan mencium lutut dengan menggunakan kepala, maka akan membuat otot perut menjadi lebih rileks.

Caranya adalah kita bisa mulai dengan duduk dengan posisi kaki yang lurus. Kemudian kita lipat salah satu kaki. Kemudian kita mencoba untuk mencium lutut kaki kita dengan tidak memaksakan diri. Dalam posisi ini diusahakan tangan kita memegang telapak kaki yang kita luruskan. Apabila anda sulit sekali melakukan hal ini, maka jangan terlalu dipaksakan. Cobalah dengan sekuat tenaga anda, namun jangan memaksakan diri untuk bisa menyentuh lutut.

Baca Juga  Makanan Dengan Label Sehat, Namun Ternyata Tidak Sehat

Kalau kita rutin melakukan gerakan yoga, maka akan berdampak baik pada siklus menstruasi kita. Dengan memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka kesehatan wanita akan lebih terjaga. Pada dasarnya gerakan-gerakan yoga mampu meningkatkan peredaran darah dalam tubuh.

Bukan hanya manfaat kesehatan yang akan kita peroleh jika rutin melakukan yoga. Dengan rutin melakukan yoga juga sangat bagus untuk menghindarkan kita dari stres dan emosi.

Baca Juga  Penyebab Menurunnya Kualitas Sperma

Yoga merupakan gerakan yang sangat simple yang bisa dilakukan kapan saja. Pada saat seorang wanita mengalami haid pun bukan menjadi halangan untuk melakukan yoga. Namun ada beberapa gerakan yoga yang seharusnya dihindari jika sedang haid.

Artikel Terkait : Penyebab Nyeri Kepala Saat Haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *