Tips Mengatasi Ngompol Pada Anak Usia Sekolah

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebenarnya mengompol merupakan hal yang normal terjadi pada anak. Namun jika kebiasaan ini berlangsung sampai usia sekolah atau lebih dari 7 tahun, maka ngompol bisa dikatakan tidak normal lagi. Kondisi ini lebih disebabkan karena faktor medis maupun psikologis anak. Lantas bagaimana cara mengatasi anak usia sekolah yang masih ngompol ?

sumber gambar : KlikCara.com

Dalam dunia kedokteran mengompol sering disebut dengan nocturnal enuresis. Sampai saat ini ada sekitar 1 sampai 2 persen anak sekolah yang masih mengalami kebiasaan ini. Secara normal kondisi ini akan menurun seiring dengan bertambahnya usia anak.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa faktor terbesar anak yang mengompol disebabkan karena faktor saraf. Pada saat anak tidur, maka otok tidak mampu memberikan sinyal pada kandung kemih untuk tidak membuang kencing atau menahan kencing. Yang terjadi justru kandung kemih merespon keinginan berkemih dengan mengeluarkan air kencing pada saat tidur.

Baca Juga  Kenapa Keju Cepat Basi Meskipun Sudah Disimpan di Dalam Kulkas?

Baca Juga : Cara Menghentikan Kebiasaan Mengisap Jempol Pada Anak

Penyebab lain seorang anak usia sekolah yang masih ngompol adalah disebabkan karena faktor genetik. Ada riwayat orang tua atau keluarga yang dulu juga mempunyai kebiasaan ngompol yang berlangsung sampai usia sekolah.

Sedangkan untuk penyebab psikologis bisa dipengaruhi oleh adanya suatu masalah yang menimpa anak di sekolah, hubungan kedua orang tua yang tak harmonis dll.

Baca Juga  Jumlah Telor Yang Boleh Kita Konsumsi Dalam Sehari

Mengompol pada anak pada usia sekolah menjadi sebuah masalah bagi anak. Anak akan cenderung merasa frustasi atau malu seiring bertambahnya usia. Dengan kebiasaan mengompol pada usia sekolah, maka membuat rasa percaya diri anak menjadi menurun. Sebaiknya orang tua tidak menyikapi hal ini dengan memberikan hukuman atau mempermalukan anak di depan temannya.

Sebagai orang seharusnya memberikan pengertian kepada anak bahwa kebiasaan mengompol juga terjadi pada beberapa anak seusianya. Berikan alasan yang mudah dimengerti anak tentang kinerja saraf yang masih kurang baik dalam mengontrol kencing saat tidur.

Baca Juga  Pengen Tahu Mengapa Anak Penting Diberikan Vaksin Polio ?

Selain itu orang tua juga harus melatih anak untuk terbiasa melakukan buang air kecil sebelum tidur. Dan yang cukup penting adalah menghindarkan anak untuk konsumsi makanan yang bisa memicu buang air kecil seperti kafein, makanan yang kaya kandungan garam, dan gula.

Artikel Terkait : Kapan Sebaiknya Anak dilakukan Sunat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *