Tips Mengatasi Diare Akut Pada Anak Menurut WHO

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita mengalami sakit diare, maka tentu akan sangat mengganggu aktivitas. Terlebih lagi jika diare menyerang anak-anak. Ada beberapa penyebab mengapa seseorang atau anak mengalami diare diantaranya karena infeksi, intoleransi makanan dan juga jamur serta adanya inflamasi atau peradangan pada saluran pencernaan. Namun pada kasus anak-anak, diare lebih sering disebabkan karena adanya rotavirus yang erat kaitannya dengan kebersihan tangan, makanan dan lingkungan tempat tinggal.

sumber : http://wartamedika.com – tips mengatasi diare anak

Memiliki seorang anak yang mengalami serangan diare tentu akan membuat kebanyakan orang tua panik. Diare pada anak bisa berakibat fatal atau berujung pada kematian bila tidak tertangani dengan tepat dan cepat. Hal ini bukan disebabkan karena penyakit diare itu sendiri, tetapi lebih karena kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Baca Juga  Beberapa Mitos Yang Salah Tentang Penyakit Stroke

Berbicara tentang diare, maka ada dua jenis yang harus dipahami yaitu akut dan kronik. Akut berarti kejadian diare berlangsung kurang dari 14 hari, sedangkan kronik artinya lebih dari 14 hari. Oleh karena itu sangat penting sebagai orang tua untuk memahami tatalaksana diare pada anak secara tepat.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah rehidrasi atau pemberian cairan yang cukup. Hal ini guna mengatasi dehidrasi yang disebabkan karena dehidrasi. Selain itu pemberian zink juga sangat penting karena bisa membuat vili usus pada anak lebih baik.

Baca Juga  Dampak Kadar Gula Tinggi Bisa Merusak Organ Seksual

Selanjutnya harus diperhatikan masalah nutrisi selama diare. Orang tua harus berupaya agar asupan nutrisi tetap terjaga selama anak mengalami diare. Selain itu penting juga memahami tanda dehidrasi pada anak seperti frekuensi kencing yang jarang, sedikit dan juga warna air kencing yang kuning keruh.

Bila dirasa diare berlangsung lebih sering atau kronis, maka sebaiknya membawa anak ke dokter. Dengan penanganan lebih cepat dan tepat akan menurunkan resiko terburuk pada kasus diare anak yang bisa menyebabkan kematian oleh karena dehidrasi yang tak tertangani.

Baca Juga  Disfungsi Ereksi Mempunyai Dua Jenis Yang Berbeda

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *