Tips Mengatahui Gaya Belajar Seorang Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sudah tahu belum ada berapa gaya belajar seorang anak secara umum ? Jawabnya adalah ada 3 yaitu model visual (penglihatan), auditori (pendengaran) dan kinestetik (gerakan). Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk memahami gaya belajar seorang anak agar cepat memahami pelajaran.

gaya-belajar-anak-2

sumber gambar : baitulherbal.com

Lantas banyak orang tua yang masih merasa kesulitan untuk menentukan gaya belajar anaknya. Menurut seorang psikolog anak dan remaja yang bernama Putu Andita mengatakan bahwa untuk mengetahui gaya belajar seorang anak cara paling mudah adalah dengan melihat model belajar saat masuk TK.

Kalau sebelum usia sekolah anak masih terlihat kecil dan sulit diketahui gaya belajarnya. Namun kalau sudah masuk TK, maka anak akan lebih banyak mendapatkan pelajaran, interaksi dengan orang lain dan banyak eksplorasi.

Baca Juga  Kapan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Cek Tekanan Darah ?

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Kayu Manis Bisa Meningkatkan Kemampuan Belajar

Yang paling diuntungkan saat sekolah adalah mereka yang mempunyai gaya belajar visual atau penglihatan. Mereka yang mempunyai ciri belajar visual akan lebih mudah memahami pelajaran dengan melihat gambar, tulisan atau video yang diberikan Guru.

Namun gaya belajar visual ini lebih mudah terpengaruh. Misalnya saja saat ada pelajaran ternyata ada teman lewat di depan yang mengganggu penglihatan dia, maka dia merasa kesulitan untuk berkonsentrasi.

Namun bagi seorang anak yang memiliki gaya belajar auditori sangat peka terhadap suasana belajar. Kalau suasana kelasnya hening maka dia sangat mudah menerima pelajaran tersebut. Tetapi kalau berisik, maka anak akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi. Anak model auditori ini biasanya lebih suka mendengarkan orang lain saat belajar daripada membaca sendiri.

Baca Juga  Untuk Membasmi DBD Fogging Tidaklah Cukup

Bagi anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik, maka sangat peka terhadap gerakan. Misalnya saja anak yang kinestetik akan sangat terganggu berkonsentrasi saat ada temannya yang menyentuh tubuhnya.

 

Bagi anak dengan model belajar kinestetik, saat belajar tidak suka hanya duduk diam sambil baca. Mereka lebih suka sambil bergerak kalau membaca atau suka menunjuk huruf pada buku pelajaran mereka.

 

Bagi para orang tua yang merasa anaknya kurang bisa memahami pelajaran si sekolah, maka bisa melakukan pengenalan bagaimana gaya belajar anak yang disukai. Apakah dengan visual, auditori ataukah dengan kinestetik yang banyak bergerak saat belajar.

Baca Juga  Penyebab Berat Badan Tidak Turun Meskipun Rajin ke Gym

 

Dengan mengetahui pola belajar anak yang paling tepat, maka anak bisa meningkatkan kemampuan anak untuk bisa memahami dan menghafal pelajaran jauh lebih cepat dan ujungnya meningkatkan prestasi akademiknya.

Artikel Terkait : Manfaat Olahraga Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *