Tips Menganali Gejala Overdosis Kafein

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang tak mengira kalau gejala tangan gemetar bisa disebabkan karena overdosis kafein. Tanpa kita sadari setiap hari atau bahkan saat bekerja kita selalu minum kopi.

Menurut para ahli gizi klinis dunia yang bernama Samantha Heller, R.D mengatakan bahwa mengkonsumsi satu sampai dua cangkir kopi setiap hari mungkin masih terbilang aman bagi kesehatan.

efek buruk terlalu banyak minum kopi

Namun sering kita mendengar mereka yang minum kopi terlalu banyak menyebabkan jantung mereka berdebar tidak seperti biasanya dan tangan menjadi gemetar. Hal ini bisa berlangsung beberapa jam pasca mengkonsumsi kopi.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa untuk menghilangkan efek kafein seperti jantung berdebar membutuhkan waktu setidaknya 4 sampai 6 jam.

Baca Juga  Jenis Olahraga Yang Disarankan Bagi Penderita Asma

Seseorang yang mengalami jantung berdebar atau gemetar setelah mengkonsumsi kafein disebabkan oleh banyak faktor mulai dari genetik, berat badan dan kemampuan tubuh masing-masing orang dalam merespon kafein. Olah karena itu reaksi setiap orang akan berbeda saat mengkonsumsi kafein. Bahkan ada juga yang tak menyebabkan gangguan kesehatan sama sekali.

Baca Juga : Cara Memilih Kopi Yang Aman Bagi Kesehatan Lambung

Bagaimana cara mengatasi efek dada berdebar setelah minum kafein ? Menurut seorang ahli jantung menyarankan untuk lebih banyak minum air putih dengan harapan kafein bisa lebih cepat dikeluarkan melalui urin. Selain itu anda juga bisa melakukan olahraga ringan untuk mempercepat proses metabolisme.

Biasanya orang yang mengalami gangguan seperti dada berbedar setelah minum kopi akan merasakan panik. Yang harus anda lakukan adalah berusaha untuk tidak panik dengan cara ambil napas dalam. Yakinkan

Baca Juga  Ternyata Kentang Bisa Bermanfaat Untuk Memutihkan Wajah

Apabila anda mengalami reaksi seperti ini saat mengkonsumsi kafein, maka disarankan untuk membatasi asupan kafein. Jangan melebihi 400 miligram kafein dalam sehari.

Beberapa kondisi yang terjadi seperti yang telah disebutkan diatas menjadi indikasi kalau kita mengalami overdosis kafein. Anda harus tahu jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein untuk mencegah reaksi ini. Misalnya saja dalam sebuah cangkir kopi biasanya mengandung 80 sampai 200 miligram kafein.

Bagi anda yang toleran terhadap efek kafein, maka mengkonsumsi dua, tiga atau bahkan empat gelas kopi dalam sehari masih terbilang aman bagi kesehatan. Namun jika melebihi empat cangkir sehari, maka anda sama halnya mencari masalah kesehatan.

Baca Juga  Ternyata Ubi Ungu Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Gejala overdosis kafein yang lain juga bisa seperti terasa mual, pusing dan rasanya hendak pingsan. Secara umum memang terbilang jarang efek overdosis kafein akan menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. namun bagi anda yang mempunyai masalah jantung dan tekanan darah tinggi, harus berhati-hati jika konsumsi kafein.

Artikel Terkait : Tips Mengatasi Kecanduan Kopi Yang Berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *