Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

header niko 728 x 90

tips mendidik anak ala orang jepang

Kita tahu bahwa orang Jepang sangat menjunjung tinggi suatu kedisiplinan. Apa rahasia orang Jepang mendidik anaknya menjadi anak yang disiplin ?. Ternyata pendidikan akan disiplin sudah terdidik sejak usia dini bagi para anak-anak di Jepang. Peranan orang tua terutama sang ibu menjadi faktor yang sangat penting.

Di Jepang hubungan antara seorang anak dengan ibunya sangatlah kuat. Anak akan ibu bawa kemana-mana dalam aktivitas sehari-harinya. Hal inilah yang menjadi kunci utama mengapa orang Jepang terkenal akan disiplinnya. Disiplin mempunyai hubungan yang erat dengan kedekatan anak kepada ibunya.

Lantas bagaimana dengan wanita carier sekarang ini yang sibuk dengan bekerja ? Untuk para ibu yang bekerja maka sangat disarankan untuk menjalin kedekatan dengan anaknya dengan cara meluangkan waktu setiap hari sekitar 0-15 menit untuk sekedar menciptakan suasana kebersamaan yang harmonis dengan sang anak.

Baca Juga  Sering Melakukan Oral Seks Akan Meningkatkan Resiko Kanker

Di Jepang, anak usia dini akan diberikan pelajaran disiplin oleh ibunya. Tetapi sebelumnya sang orang tua atau ibu harus pula mempunyai kedisiplinan yang tinggi agar bisa mengajarkan kepada anaknya. Jika sang anak merasa cukup besar, maka biasakan anak untuk mampu mengurus dirinya sendiri. Kalau di Jepang, anak yang berusia 7 tahun sudah bisa melakukan mandi dan memakai baju sendiri tanpa bantuan lagi dari orang tuanya. Begitu pula dengan berangkat sekolahnya.

Baca Juga  Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Dalam mendidik anak untuk disiplin memang bukan suatu hal yang mudah. Orang tua harus sabar dan tak berhenti untuk selalu mengawasi anaknya. Jika anak anda bisa melakukan tindakan yang mandiri, maka jangan sungkan-sungkan untuk melontarkan pujian kepada anak karena itu sangat bagus untuk perkembangan mentalnya.

 
Disamping itu kita sebagai orang tua harus sadar. Untuk bisa sukses mendidik kedisiplinan seorang anak dibutuhkan tauladan yang baik yaitu dari kedua orang tuanya. Mari mulai disiplin dari orang tua dulu baru kita tularkan kepada anak kita. Jangan sampai orang tua tidak berperilaku disiplin, tapi ingin anaknya berperilaku disiplin. Ini adalah cara mendidik yang salah.

Baca Juga  Bahaya Jika Melakukan Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari

 
Artikel Terkait : Tips Menghentikan Kebiasaan Bayi Mengisap Jempol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *