Tips Mendidik Anak Angkat Yang Baik

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memiliki anak angkat memang tidak seperti memiliki anak kandung sendiri. Namun bagi pasangan yang belum punya anak, mengambil anak angkat menjadi solusi untuk mengisi kerinduan terhadap seorang anak. Lantas bagaimana tips untuk mendidik anak angkat ?

Meskipun dia adalah bukan anak kandung kita, tetap karena kita sudah berkomitmen untuk mengasuhnya maka kita berusaha menganggap bahwa dia seperti anak kita sendiri. Jadi masalah pendidikan, pola asuh dan masa depan kita yang tentukan.

Baca Juga : Tips Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia dan Kelak Punya Penghasilan Besar

sumber gambar : okezone.com

Anak angkat memang secara biologis bukan anak kita. Hal ini yang membuat banyak orang merasa sulit mendidik anak angkat karena biologisnya berbeda. Artinya anak angkat akan lebih banyak mewarisi perilaku dan sifat orang tua kandungnya.

Baca Juga  Khasiat Air Embun Bagi Kesehatan Tubuh

Menyikapi hal yang demikian, maka para pakar sangat menyarankan untuk lebih sering melakukan diskusi terhadap anak angkat kita. Hal ini lebih terkait dengan kebiasaan anak yang dinilai kurang sepaham dengan kita sebagai orang tua angkat.

Misalnya saja anak angkat yang sudah mulai remaja dan sering kali pulang ke rumah tengah malam. Maka sebagai orang tua angkat harus memulai berdiskusi kepada anak tentang kesepakatan pulang jam malam. Hal ini mencegah terjadinya sebuah pemaksaan yang dilakukan orang tua.

Baca Juga  Cara Mengatasi Perasaan Tidak Senang Saat Datang Hari Senin

Mengasuh anak angkat yang sudah berusia remaja memang bukan perkara yang mudah. Anak pastinya lebih lekat dengan kebiasaan orang tua aslinya dibandingkan dengan kita. Namun jika anak masih usia balita, maka pola asuh bisa lebih mudah sesuai yang kita harapkan.

Untuk menerapkan pola asuh bagi anak angkat yang sudah lebih dari lima tahun, maka sebaiknya kita lebih sering untuk melakukan sebuah diskusi atau negosiasi. Hal ini untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan anak dan orang tua angkatnya. Dengan begitu bisa membuat sebuah komitmen bersama yang terbaik.

Baca Juga  Sering Mengalami Kepala Pusing Akibat Kehujanan ? Atasi Dengan Ini !

Artikel Terkait : Pola Asuh Kepada Anak Tidak Harus Berujung Pada Kebahagiaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *