Tips Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia dan Kelak Punya Penghasilan Yang Besar

header niko 728 x 90

Inspirasibersama.com – Kalau berbicara tentang cara mendidik anak agar bisa tumbuh bahagia dan kelak menjadi orang yang punya penghasilan besar tentu sangat menarik perhatian. Semua orang tua tentunya menginginkan anaknya seperti itu. Namun pada kenyataannya tidak mudah untuk menerapkan pola asuh agar anak tumbuh sesuai yang kita inginkan.

 

Untuk bisa mewujudkan hampir semua keinginan orang tua pada anak, maka dilakukan sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Kobe University. Para peneliti menemukan bahwa seorang anak yang selalu mendapatkan dukungan dan bimbingan dari orang tua akan cenderung tumbuh menjadi anak yang sukses dengan penghasilan yang besar.

pola-asuh-yang-suportif-pada-anak

sumber gambar : http://www.kancilku.com/

Para orang tua harus memberikan dukungan penuh dan pola asuh yang suportif kepada anak tentang kemauan anak untuk mau belajar dengan rajin. Dengan begitu bisa meningkatkan prestasi secara akademik.

Baca Juga  Mengatasi Trauma Yang disebabkan Karena Persekusi

 

Studi ini telah dilakukan kepada 5.000 orang yang terdiri dari pria dan wanita. Dalam studi tersebut para responden disuruh untuk menceritakan pengalaman mereka dengan orang tua sejak usia dini sampai usia dewasa.

 

Kemudian para responden diberikan banyak pertanyaan seputar pola asuh orang tua dan dukungan terhadap kehidupan anak. Ada banyak pertanyaan semisal peran orang tua dalam momen penting anak, atau kepercayaan orang tua terhadap anak.

 

Dari hasil studi tersebut, para peneliti akhirnya bisa menyimpulkan dan melakukan penggolongan terhadap pola asuh orang tua menjadi orang tua yang suportis, orang tua yang disiplin, memanjakan anak, kasar, santai dan tipe orang tua yang biasa-biasa saja.

 

Dari hasil studi tersebut ternyata orang tua yang selalu memberikan dukungan suportif kepada anak sejak dini, memberikan kepercayaan yang besar dan banyak menghabiskan waktu bersama dengan anak mampu memberikan efek yang besar terhadap keberhasilan seorang anak.

Baca Juga  Benarkah Gula Bisa Bermanfaat Untuk Menghilangkan Bulu Tubuh ?

Dari hasil studi tersebut juga diketahui bahwa seorang anak yang tumbuh pada keluarga yang bahagia, orang tua punya penghasilan yang besar maka cenderung anak akan sukses dalam akademis.

 

Pada tipe orang tua yang terbilang disiplin, banyak menerapkan aturan pada anak, kurang percaya pada anak dan membatasi kebebasan pada anak terbukti berdampak anak bisa menjadi orang yang kaya raya. Namun pola asuh yang seperti ini kerap menyebabkan anak kurang bahagia pada masa kecil dan beresiko mengalami stres.

Baca Juga : Cara Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

 

Baca Juga  Benarkah Rambut Yang Jarang dicuci Akan Lebih Mudah Panjang ?

Dari paparan hasil studi di atas ada banyak hal positif yang bisa kita ambil sebagai dasar pola asuh kepada anak. Jika kita menginginkan anak kita kelak tumbuh menjadi anak yang bahagia dan punya penghasilan yang besar, maka sebaiknya kita menerapkan pola asuh yang suportif. Ini menjadi pola asuh yang paling tepat disamping disiplin yang juga bisa membuat anak tumbuh menjadi orang yang sukses dan kaya raya.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Penyebab Anak Yang Suka Mengabaikan Larangan Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *