Tips Mencegah Penularan MERS Saat Ibadah Haji

header niko 728 x 90

Calon Jemaah Haji (Calhaj) melakukan manasik haji di halaman kantor Pemkab Pamekasan, Madura, Jatim, Kamis (22/10). Calhaj asal kabupaten itu berjumlah 1.050 orang tergabung dalam Kloter 74, 75 dan 76 melalui embarkasi Surabaya. Jumlah tersebut menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 1.654 orang. FOTO ANTARA/ Saiful Bahri

InspirasiBersama.com – Bagi mereka yang sedang menjalankan haji tentu merasa waspada akan penularan penyakit MERS. MERS merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome yang merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Penyebab dari penyakit ini adalah virus yang bernama korona. Untuk menghindari penyebaran penyakit ini, para jamaah haji perlu melakukan beberapa tips berikut.

Pada awalnya munculnya penyakit MERS ini berasal dari negara Saudi Arabia. Oleh karena itu mereka yang menjalankan ibadah haji perlu mewaspadai penularan penyakit ini. Penyakit MERS disebabkan karena virus korona yang ditimbulkan dari unta. Saat mereka mengalami MERS, maka akan merasakan gejala seperti demam, batuk, pilek dan tentunya gangguan pernapasan yang bisa berakibat fatal.

Baca Juga  Mengurangi Asupan Gula Bisa Menjadi Solusi Mengatasi Gangguan Tidur

Untuk itu para jamaah haji Indonesia baik yang melakukan haji maupun umrah diminta waspada. Bukan hanya karena penyebaran virus MERS berasal dari Saudi Arabia saja, namun lebih dari itu sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk penyakit MERS.

Lantas bagaimana cara pencegahan yang efektif ? Menurut salah seorang ilmuwan yang berasal dari Eropa mengatakan bahwa kunci utama pencegahan penularan virus MERS adalah dengan cara menjaga kebersihan.

Selain menjaga kebersihan, para ilmuwan juga menyarankan kepada para jamaah haji dan umrah yang berangkat ke tanah suci untuk berlatih cara mencuci tangan yang baik dan benar sebelum berangkat. Disarankan pula untuk selalu memakai masker dan tidak melakukan kontak langsung dan mengkonsumsi daging unta dan makanan olahan lainnya yang mengandung unsur unta.

Baca Juga  Hubungi 119 Jika Mengalami Gangguan Kesehatan Saat Mudik

Meskipun ada resiko penularan virus MERS dari Saudi Arabia, peringatan ini tidak serta merta menurunkan minat para umat Islam untuk berbondong-bondong pergi ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Mereka yakin bahwa ibadah yang mereka lakukan akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Meskipun kita pasrah pada Sang Pencipta, bukan berarti kita tidak melakukan tindakan pencegahan sama sekali. Sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal yang bisa mencegah penularan virus MERS.

Baca Juga  Ternyata Berpuasa Bisa Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Artikel Terkait : Jenis Penyakit Yang Sering dialami Oleh Jamaah Haji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *