Tips Mencegah Kebotakan di Usia Muda Bagi Seorang Pria

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat berbicara tentang kebotakan pada pria, maka kebanyakan orang akan menganggap disebabkan karena faktor stres dan keturunan. Ternyata kebotakan usia muda pada seorang pria bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu.

sumber gambar : http://www.mendetail.com

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa pria yang cenderung tak suka mengkonsumsi daging sejak usia muda rentan mengalami kekurangan asupan zat besi. Zat besi mempunyai peranan yang sangat besar bagi kesehatan darah di dalam tubuh. Kekurangan kadar zat besi dalam darah inilah yang juga bisa memicu seseorang pria mengalami kebotakan pada usia muda.

Baca Juga  Ini Dia Manfaat Makan Buah Naga Bagi Kesehatan

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya kebotakan pada usia muda adalah dengan sering mengkonsumsi daging dan beberapa jenis makanan lain yang juga kaya kandungan zat besi. Memang kebotakan bukan hanya dipengaruhi oleh kekurangan asupan zat besi saja, tetapi faktor genetik, gangguan psikologis dan beberapa masalah kesehatan lain juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kebotakan.

Berapa jumlah asupan daging yang disarankan untuk mencegah terjadinya kebotakan usia muda ? Menurut para pakar kesehatan disarankan untuk mengkonsumsi daging sebanyak 8 mg atau biar mudahnya sebanyak 3 sampai 4 porsi daging dalam seminggu. Untuk jenis daging yang disarankan adalah daging sapi. Untuk memaksimalkan pencegahan kebotakan ada beberapa jenis makanan lain yang juga disarankan untuk dikonsumsi seperti sayur bayam dan jenis kacang-kacangan.

Baca Juga  Manfaat Yang Terkandung Pada Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Bagi anda yang tak ingin repot-repot mengkonsumsi makanan tersebut dan lebih memilih mengkonsumsi suplemen zat besi, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Perlu diketahui bahwa konsumsi secara berlebihan zat besi akan berdampak negatif bagi kesehatan.

Artikel Terkait : Magnesium Mempunyai Peranan Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *