Tips Mencegah Kanker Serviks dan Payudara Bagi Wanita

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang tentunya tahu kalau kanker merupakan jenis penyakit yang sangat mematikan. Meskipun semua orang tahu, hanya sedikit orang yang sadar tentang resiko besar dan melakukan pencegahan. Banyak kebanyakan dari kita sama sekali tidak menghiraukan resiko kesehatan saat mengkonsumsi makanan yang tak sehat.

sumber gambar : bisnis.com

Beberapa kendala dalam pencegahan penyakit kanker adalah masih banyak masyarakat kita yang kurang paham tentang penyakit kanker. Bahkan banyak juga yang merasa takut terdeteksi saat dilakukan pemeriksaan sehingga mereka malas untuk melakukan pemeriksaan dokter.

Bagi seorang wanita tentunya sangat rentan terhadap dua jenis kanker, yaitu kanker serviks dan payudara. Kedua jenis penyakit kanker ini tergolong sangat mematikan dan sering kali berujung pada kematian. Berdasarkan data tahun 2013, ada sekitar 330.000 orang yang menderita kanker di Indonesia.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Menyebabkan Kita Terserang Diare

Sebenarnya harapan kesembuhan penyakit kanker ini cukup tinggi apabila mampu terdeteksi sejak awal dan dilakukan pengobatan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks dan payudara.

Kanker serviks

Untuk mencegah terjadinya kanker serviks pada wanita, maka di banyak negara disarankan untuk melakukan imunisasi HPV (human papilomavirus). Hal ini bisa menjadi agenda Pemerintah untuk mencegah kanker serviks.

Dengan melakukan imunisasi, maka memberikan antibodi bagi tubuh untuk mencegah munculnya infeksi virus HPV. Apabila terdapat virus penyebab kanker serviks dalam tubuh, maka bisa dinetralkan dengan vaksin imunisasi. Usia yang paling baik melakukan imunisasi HPV adalah 9 sampai 19 tahun.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Trauma ?

Lantas bagaimana jika tidak melakukan imunisasi HPV ? Bagi wanita yang sudah menikah sangat disarankan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan papsmear.

Kanker payudara

Untuk mencegah terjadinya kanker payudara, maka sebaiknya para wanita sering melakukan pemeriksaan mandiri di rumah. Deteksi ini menjadi hal yang sangat penting untuk mendeteksi adanya benjolan atau kalainan yang muncul pada payudara. Jika ternyata ada hal yang tidak wajar di payudara, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga : Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin

Jenis pemeriksaan yang sering kali dilakukan untuk mendeteksi tumor atau benjolan pada payudara adalah dengan melakukan mammografi. Meskipun demikian tidak semua rumah sakit tersedia alat ini.

Baca Juga  Penyebab Badan Mudah Terasa Lelah

Yang menjadi prihatin adalah berdasarkan hasil studi menyebutkan kebanyakan pasien penderita kanker payudara datang ke rumah sakit dalam kondisi stadium yang lanjut. Padahal kalau saja terjadi deteksi dini pada tahap awal, maka prosentase kesembuhan menjadi lebih tinggi dan meningkatkan harapan hidup mereka.

Artikel Terkait : Hubungan Stres Dengan Timbulnya Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *