Tips Mencegah Agar Anak Tidak Alergi

header niko 728 x 90

stop alergi

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang mempunyai bayi atau anak pasti tidak asing dengan alergi. Bayi dan anak memang kerap mengalami alergi yang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktornya adalah karena faktor keturunan atau genetik. Untuk itu simak tips mencegah agar anak tidak alergi.

Menurut seorang dokter spesialis anak yang juga seorang profesor yang menangani divisi alergi-imunologi departemen ilmu kesehatan anak di salah satu rumah sakit ternama di Jakarta mengatakan alergi yang terjadi pada anak sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan beberapa tips.

Untuk melakukan pencegahan alergi terhadap bayi atau anak, bisa kita lakukan sejak usia kehamilan sampai pada kelahiran.

Salah satu tips yang bisa kita lakukan sejak kehamilan adalah dengan menghindari paparan asap rokok baik secara langsung maupun tidak langsung. Asap rokok yang terhirup seorang ibu yang hamil bisa merusak perkembangan bayi dan membuat bayi kerap mengalami alergi. Tips selanjutnya untuk mencegah anak agar tidak alergi adalah dengan memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan.

Baca Juga  6 Jenis Makanan dan Minuman Yang Bisa Memicu Gigi Menjadi Kuning

Menurut seorang ahli, ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi terutama untuk mencegah alergi. Seorang ibu tidak ada pantangan makan saat menyusui bayi, terkecuali sang ibu mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Jarang sekali kita menjumpai seorang bayi yang alergi saat minum ASI. Bahkan hal ini bisa dibilang belum pernah ada. Hal ini dikarenakan pada ASI sudah dilengkapi dengan zat toleransi secara alami meskipun terdapat alergen pada ASI. Setelah bayi mendapat ASI secara eksklusif selama enam bulan, maka coba perkenalkan anak dengan jenis makanan padat lain sebagai pelengkap ASI.

Bagaimana jika seorang ibu menurut alasan medis tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya ? Jika yang terjadi demikian, biasanya seorang dokter akan menyarankan untuk memberikan susu formula. Untuk memilih jenis susu formula yang baik maka perhatikan susu formula yang proteinnya terhidrolisis secara parsial. Susu formula jenis ini untuk mencegah bayi mengalami alergi. Selain itu jenis susu formula yang proteinnya terhidrolisis secara parsial membuat sistem pencernaan bayi lebih mudah untuk mencerna.

Baca Juga  Wanita Yang Merokok Efeknya Labih Buruk dibandingkan Dengan Pria Perokok

Selain dari faktor lingkungan, seorang bayi juga bisa bakat terhadap alergi jika mempunyai garis keturunan orang tua yang rentan alergi.

Apabila salah satu orang tua bayi mengalami resiko alergi, maka prosentasi resiko alergi bayi sebesar 40 persen. Namun jika ternyata kedua orang tua bayi sama-sama mempunyai riwayat alergi, maka prosentasi alergi akan meningkat sampai 60 persen.

Baca Juga  Sering BAB Darah Bisa Menjadi Gejala Adanya Kanker Usus Besar

Bagaimana jika kedua orang tua bayi ternyata mempunyai riwayat alergi yang sama ?. Jika hal ini terjadi maka semakin besar resiko anak mengalami alergi yaitu sekitar 80 persen. Untuk mengetahui riwayat alergi orang tua, maka biasanya seorang dokter akan melakukan anamnese atau mengkaji riwayat alergi pada orang tua.

Itulah tips mencegah alergi pada anak yang bisa kita lakukan. Semoga kita semakin pandai dalam menyikapi bayi yang rentan alergi.

Artikel Terkait : Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *