Tips Memperlakukan Anak Yang Kidal

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tips memperlakukan anak yang kidal. Tak jarang orang tua menyadari kalau ternyata anaknya kidal. Bahkan banyak orang tua yang baru sadar saat anak sudah berusia lebih dari tiga tahun.

 

Yang menjadi banyak pertanyaan adalah bagaimana sikap orang tua dalam memperlakukan anak yang kidal ?. Sebagai orang tua tidak boleh membedakan anak yang kidal, rambut lurus, kriting atau yang lainnya.

sumber gambar : http://segiempat.com

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa orang tua tak perlu risau menyikapi anak yang kidal. Biarkan saja anak melakukan hal-hal tertentu dengan menggunakan tangan kidalnya apabila tidak melibatkan orang lain. Beberapa contoh aktivitasnya adalah mandi, menulis, mengambil barang dll.

Baca Juga  Kenali 5 Tanda Balita Yang Tergolong Terlalu Aktif

Baca Juga : Terapi Bagi Anak Yang Mengalami Keterlambatan Bicara

Yang menjadi perhatian kita sebagai orang tua adalah saat anak melakukan aktivitas yang melibatkan orang lain, misalnya berjabat tangan. Pada kondisi ini orang tua harus melatih sang anak untuk menggunakan tangan yang sopan.

 

Bagi orang tua yang mampu secara finansial, memang tersedia banyak barang yang dikhususkan untuk anak yang kidal. Anda bisa membelikan barang khusus tersebut pada anak untuk mempermudah aktivitasnya.

Baca Juga  Apa Tandanya Jika Anak Mempunyai Gizi Yang Buruk

Apabila orang tua tak mampu membelikan berbagai keperluan untuk anak kidal, maka sebagai orang tua jangan memaksakan untuk membeli alat –alat tersebut. Berikan pengertian yang baik pada anak dan orang lain termasuk Guru tentang kondisi yang dialami anak.

Artikel Terkait : Tanda Anak Mengalami Gejala Autis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *