Tips Mempercepat Kesembuhan Penyakit Dengan Banyak Makan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita mengalami sakit, pastinya akan merasa enggan untuk makan. Hal ini disebabkan karena mulut yang terasa pahit, mual dan atau bahkan muntah. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak makan sama sekali.

Tahukah kita bahwa menurut sebuah studi menyebutkan bahwa saat kita terserang sakit, misalnya demam maka makan banyak bisa menjadi solusi yang efektif untuk mempercepat kesembuhan. Hal ini terbilang berat bagi orang sakit, namun itulah yang terbaik.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Salk Institute for Biological Studies yang menemukan bahwa orang sakit yang memaksakan diri untuk banyak makan, maka berdampak mempercepat proses kesembuhan penyakit.

Baca Juga  Bahaya Jika Kita Tidak Makan Sama Sekali Karena Alasan Diet

Dalam studi tersebut telah melibatkan kawanan tikus. Para peneliti memberikan paparan bakteri Salmonella pada tikus tersebut. Diketahui bahwa tikus yang tetap mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak meskipun sedang sakit, ternyata bisa hidup lebih lama dibandingkan dengan tikus lain yang makan sedikit.

Baca Juga : Saat Pagi Hari Tubuh Kita Rentan Terkena Infeksi

Para peneliti menemukan bahwa, tikus yang sama-sama sakit namun mengkonsumsi banyak makanan terbukti jumlah bakteri yang ada dalam tubuhnya tidak mampu menyebar dengan luas. Hal ini berbeda dengan tikus sakit yang hanya makan dalam jumlah yang sedikit. Hal inilah yang membuat mereka bisa tetap sehat dan hidup lebih lama.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga

Dengan adanya hasil studi ini, maka dapat kita ambil hikmahnya yaitu saat kita sedang sakit, misalnya demam, maka sebaiknya kita tetap mempertahankan asupan makanan yang cukup. Hal ini akan membuat bakteri atau virus dalam tubuh tidak bisa menyebar secara luas. Dengan begitu penyakit yang kita alami akan lebih cepat sembuh.

Yang harus diperhatikan adalah nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya kita lebih memilih jenis makanan yang kaya kandungan nutrisi seperti buah dan sayuran.

Meskipun demikian, bukan berarti saat kita sakit kita biarkan begitu saja hanya mengandalkan perbaikan nutrisi saja. Jika anda mengalami keluhan penyakit yang lebih serius, tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Selain mengkonsumsi obat yang diberikan dokter, anda bisa mempercepat penyembuhan dengan meningkatkan konsumsi makanan yang kaya kandungan gizi.

Baca Juga  Begini Cara Mencegah Agar Bayi Tidak Gumoh

Artikel Terkait : Jika Sedang Sakit Konsumsi Makanan Ini Agar Cepat Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *