Tips Memilih Roti Yang Sehat Untuk Dikonsumsi

header niko 728 x 90

roti-yang-sehat

InspirasiBersama.com – Sering kali kita melihat di toko roti maupun swalayan yang menjual banyak sekali aneka roti yang menggugah selera. Ternyata dari semua jenis roti tersebut tidak semuanya sehat untuk dikonsumsi. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih jenis roti yang sehat untuk dikonsumsi.

Saat kita membeli aneka roti, maka sering kali kita melihat label yang tertera pada bungkus roti. Dalam kemasan roti tersebut biasanya tertulis komposisi bahan, kandungan vitamin yang ditambahkan atau bahkan terbuat dari gandum utuh dll. Dengan banyaknya macam label roti, maka terkadang kita bingung mana yang sehat untuk dikonsumsi.

Meskipun demikian bukan berarti makanan roti tergolong jenis makanan yang tidak menyehatkan. Menurut para ahli mengatakan bahwa roti merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun kita juga harus tahu mana jenis roti yang paling baik bagi kesehatan kita.

Baca Juga  Anjing Bisa Mendeteksi Penyakit Diabetes

Tips pertama memilih jenis roti yang paling baik bagi kesehatan kita adalah mencari label yang bertuliskan terbuat dari gandum utuh. Kita tahu bahwa gandum mengandung karbohidrat kompleks yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena tidak hanya mengandung karbohidrat saja tetapi juga mengandung serat, vitamin, protein dan mineral.

Baca Juga : Beberapa Jenis Karbohidrat Yang Menyehatkan

Apabila anda kurang suka dengan roti yang terbuat dari gandum utuh, maka anda bisa memilih jenis roti yang terbuat dari biji-bijian secara utuh. Beberapa contohnya adalah yang mengandung barley, beras merah atau yang lain.

Selain itu sangat penting juga mengenali label roti yang mengandung gandum atau biji-bijian secara utuh. Biasanya juga akan tertulis ‘whole wheat’ pada kemasan roti. Produk roti yang mengandung lebih dari 51 persen gandum atau biji-bijian maka bisa dikatakan sebagai roti yang mengandung gandum atau biji-bijian secara utuh.

Baca Juga  Fenomena Pusar Yang Menonjol Saat Hamil

Dalam memilih jenis roti yang sehat kita juga dituntut untuk memilih jenis roti yang terbuat dari bahan alami. Jangan suka memilih jenis roti yang terdapat banyak bahan aditif. Biasanya roti jenis ini mempunyai rasa yang tawar, tidak berwarna mencolok, dan minim bahan pengawet.

Selain itu penting juga memilih jenis roti yang bebas akan kandungan lemak trans atau sirup jagung yang berdampak kurang bagus bagi kesehatan. Jika kita mengkonsumsi jenis roti yang mengandung lemak trans dan sirup jagung, maka akan membuat penumpukan lemak jahat dan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga  Manfaat Rutin Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi anda yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan, maka sangat penting untuk memilih jenis roti yang mengandung banyak serat. Biasanya roti jenis ini terbuat dari bahan gandum utuh yang kaya serat dan vitamin yang memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan kita.

Artikel Terkait : 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *