Tips Membuat Rempeyek Agar Renyah dan Gurih

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi orang Indonesia tentunya sudah akrab dengan yang namanya kerupuk. Ya..hampir kebanyakan kita saat makan suka sekali dengan kerupuk karena rasanya yang gurij dan renyah. Selain kerupuk, ternyata ada jenis lain yang juga bisa menggantikan kerupuk yaitu rempeyek. Nah kali ini kami akan berbagi bagaimana cara membuat rempeyek yang gurih dan renyah.

sumber gambar : http://resepdapur-andalan.blogspot.co.id

Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan saat membuat rempeyek agar menjadi gurih dan renyah :

Perhatikan Komposisi Tepung
Tips pertama yang harus anda perhatikan adalah komposisi tepung. Usahakan memilih tepung dengan kualitas yang baik dan jangan sampa punya bau yang apek. Selanjutnya adalah tambahkan tepung dengan sedikit tapioka atau tepung sagu untuk memberikan dampak renyah dan gurih.

Baca Juga  Foto Pencemaran Saluran Air di Kebon Jeruk Yang diduga Karena Limbah Tekstil

Adonan Jangan Terlalu Kental
Saat anda membuat adonan rempeyek, usahakan jangan terlalu kental dan juga terlalu cair. Anda harus bisa mengira-ngira adonan yang pas antara komposisi tepung, air, santan, dan bumbu-bumbu yang digunakan dalam membuat rempeyek.

Gunakan Wajan Anti Lengket
Saat anda menggoreng rempeyek, usahakan dengan menggunakan wajan yang anti lengket. Selain itu gunakan minyak goreng yang cukup banyak. Dengan begitu maka rempeyek anda akan menjadi gurih dan renyah.

Baca Juga  Inilah Mi Baso Yang Paling Nikmat di Tasikmalaya

Jangan Terlalu Banyak Menuang Adonan Rempeyek dalam Sekali Goreng
Tips selanjutnya agar rempeyek menjadi gurih dan renyah adalah dengan memperhatikan penuangan adonan saat menggoreng. Jangan menaruh adonan teralu banyak karena akan membuat rempeyek menjadi tebal dan matang kurang rata. Selain itu rempeyek yang terlalu tebal akan membuat kurang gurih dan renyah.

Variasikan Isi
Meskipun rempeyek terbuat dari tepung, anda bisa memberikan kreasi dengan mencampurkan teri atau kacang tanah. Dengan memberikan variasi isi pada rempeyek, maka akan membuat rempeyek matang lebih merata dan menjadi lebih gurih.

Simpan dalam Stoples dengan Tutup Rapat
Langkah terakhir agar rempeyek menjadi gurih dan renyah adalah menyimpannya dalam wadah toples dengan tutup yang rapat. Ini adalah langkah terakhir yang harus anda perhatikan. Jangan sampai wadah yang anda gunakan menyimpan rempeyek kurang rapat yang akan membuat cepat melempem.
Artikel Terkait : Daftar Makanan Olahan Yang Sehat Menurut Ahli Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *