Tips Membuat Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

header niko 728 x 90

tidur siang bagi anak

InspirasiBersama.com – Tidur yang cukup bagi seorang anak sangatlah penting. Bahkan tidak jarang seorang anak menjadi rewel, malas, tidak bersemangat belajar dan murung yang disebabkan oleh kurang tidur. Olah karena itu memberikan waktu tidur yang cukup bagi anak sangatlah panting misalnya saja setelah pulang sekolah. Berikut tips membuat anak mau tidur setelah pulang sekolah.

Menurut para ahli, seorang anak yang mengalami kurang tidur akan mengalami banyak dampak negatif bagi bagi kesehatan fisik maupun mental. Bagi kesehatan fisik, seorang anak yang kurang waktu tidur bisa memicu obesitas. Bagi segi mental, seorang anak yang kurang tidur menyebabkan konsentrasi belajar menurun, kurang perhatian saat di sekolah, dan mudah lupa. Dan yang paling serius adalah meningkatkan resiko depresi.

Meskipun agak sulit membuat seorang anak mau tidur setelah pulang sekolah, namun ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Dengan melakukan beberapa tips berikut yang sudah di sesuaikan dengan usia anak, maka diharapkan anak mau tidur setelah pulang sekolah.
Anak-anak SD:

Baca Juga  Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Bagi seorang anak SD, agar mau melakukan tidur pada siang hari setelah pulang sekolah seorang orang tua harus mengatur jadwal kegiatan keluarga yang lebih sehat. Misalnya saja waktu tidur malam lebih awal, waktu makan, waktu belajar dan bermain.

Seorang anak SD jaman sekarang sudah tidak bisa lepas dengan namanya gadget. Nah ternyata pengaruh sinar gadget juga bisa mempengaruhi kualitas tidur seorang anak. Sebaiknya tidak membiarkan anak bermain gadget saat hendak tidur.

Selain itu penting juga sebagai orang tua memberikan contoh yang baik kepada anak untuk tidak menggunakan gadget di hadapan anak. Misalnya saja mengurangi penggunaan gadget pada malam hari yang hendak memulai tidur.

Baca Juga  Beberapa Gangguan Kesehatan Yang Bisa Membuat Rambut Rontok

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak
Anak-anak SMP:

Tips agar seorang anak SMP mau tidur setelah pulang sekolah, seorang orang tua harus bisa memberikan informasi yang tepat akan pentingnya tidur bagi kesehatan. Seorang anak SMP berbeda dengan anak SD yang masih belum mengerti tentang kebutuhan tidur bagi kesehatan.

Sebagai orang tua harus memahami bahwa anak usia SMP adalah masa pubertas bagi seorang anak. Pada masa itu seorang anak akan berusaha mencari keputusan sendiri, namun seorang orang tua harus pandai-pandai mengarahkan anak karena masih dalam masa transisi.
Anak-anak SMA:

Kalau anak sudah masuk SMA, maka biasanya sangat sulit untuk mendorong tidur setelah pulang sekolah. Bahkan berdasarkan sebuah data menyebutkan kalau anak usia SMA kebanyakan hanya melakukan tidur selama 7 jam pada waktu malam hari saja. Padahal pada usia itu mereka membutuhkan waktu tidur yang lebih lama sekitar 8,5 sampai 9,5 jam pada malam hari.

Baca Juga  Ketahui 4 Kebiasaan Yang Menyebabkan Mengapa Kita Sering Kentut

Untuk membuat seorang anak SMA bisa memenuhi kebutuhan tidur yang normal, maka sebagai orang tua harus memberikan sebuah tantangan kepada anak agar mencoba melakukan tidur selama 8,5 sampai 9,5 pada malam hari dan menyuruh anak untuk merasakan sendiri bagaimana rasanya bagi kesehatan.

Dengan begitu anak akan tahu bagaimana rasanya jika tidur sesuai kebutuhan yang memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan mereka.

Artikel Terkait : Waspada Terhadap Anak Yang Mempunyai Sifat Terlalu Pemalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *