Tips Memberi Bedak Pada Bayi Agar Aman

header niko 728 x 90

InspirasIBersama.com – Tips memberi bedak pada bayi agar aman. Banyak kalangan orang tua yang masih menggunakan bedak bayi dengan harapan agar bayinya harum dan segar setelah mandi. Sebenarnya halnya tidak salah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan bayi.

sumber gambar : http://www.pakarnutrisi.net

Memberikan bedak bayi pada area lipatan, wajah dan bagian badan boleh dilakukan. Namun jika memberi bedak pada area intim bayi, ini justru bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Banyak kasus gangguan pernafasan, iritasi kulit dan gangguan saluran kencing yang disebabkan karena penggunaan bedak bayi yang salah.

Baca Juga  Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Usia Dini

Menurut para pakar kesehatan, sebaiknya para orang tua menghindari penggunaan bedak pada bayi mereka. Hal ini disebabkan karena banyak jenis bedak yang terkandung spons, yang apabila partikelnya terhirup oleh bayi akan menyebabkan masalah pada paru-paru. Kondisi yang sama jika digunakan pada area intim.

Meskipun demikian bukan berarti kita tidak boleh sama sekali menggunakan bedak pada bayi. Para pakar kesehatan masih membolehkan menggunakan bedak pada kondisi tertentu dan gunakan secukupnya. Misalnya saja anak mengalami biang keringat.

Baca Juga  Orang Tua Berperan Penting Mencegah Gigi Anak Berlubang

Untuk lokasi yang masih dibolehkan menggunakan bedak bayi adalah lipatan. Pada are tubuh yang lain kurang disarankan terlebih pada area intim. Selain itu gunakan secara bijak jangan berlebihan.

Artikel Terkait : Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *