Tips Membedakan Antara Radang Tenggorokan Dengan Amandel

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyakit radang tenggorokan dan amandel merupakan jenis penyakit yang sama-sama terjadi di area leher. Sering kali kita mengalami kedua jenis penyakit ini. Namun dalam kenyataannya sering kali kita sulit membedakan apakah nyeri disebabkan karena radang tenggorokan ataukah karena amandel.

sakit-tenggorokan

sumber gambar : http://www.alodokter.com/

Untuk membedakannya mari kita bahas satu-satu dulu. Kita mulai dari radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi infeksi yang terjadi pada tenggorokan yang disebabkan karena Streptococcus Pyogenes. Mereka yang mengalami radang tenggorokan akan merasakan rasa sakit pada area tenggorokan lebih tepatnya pada sekitar laring, faring dan kelenjar amandel. Biasanya radang tenggorokan juga sering disertai dengan adanya demam.

Baca Juga : Jika Mengalami Radang Tenggorokan Hindari Makanan Ini

 
Kondisi radang pada tenggorokan pada orang dewasa bisa menyebabkan komplikasi lain seperti demam rematik dan radang pada ginjal. Namun pada anak, radang tenggorokan bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah apabila terlambat dalam penyembuhannya. Bagi anda yang mempunyai bayi dan terdiagnosa radang tenggorokan, maka sangat disarankan untuk memberikan banyak ASI. Namun bagi seorang anak kita dorong untuk banyak minum air putih.

Baca Juga  Begini Cara Memperlambat Datangnya Katarak

 

Yang berbahaya saat seorang anak mengalami radang tenggorokan adalah mogok makan dan minum. Hal ini disebabkan anak merasa sakit saat dibuat minum atau makan. Kondisi ini akan menyebabkan seorang anak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang berbahaya bagi kesehatannya. Jika hal ini terjadi, maka segera bawa anak anda ke rumah sakit untuk mendapatkan cairan infus.

 

Sedangkan kalau radang pada amandel merupakan kondisi infeksi yang menyerang kelenjar tonsil atau amandel yang merupakan bagian pertahanan dari tubuh manusia. Kelenjar tonsil ini sangat vital perannya dalam menangkal bakteri atau kuman yang masuk lewat jalan pernapasan atau makanan. Kondisi radang pada amandel disebabakan karena adanya infeksi yang disebabkan oleh virus coxsackie, adenovirus atau epstein-barr virus. Kondisi radang pada amandel akan menyebabkan rasa nyeri sekaligus bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

Baca Juga  Manfaat Mengunyah Makanan Dengan Pelan-pelan Membuat Kita Makan Lebih Sedikit

 

Apabila radang pada amandel lebih disebabkan karena infeksi bakteri, maka pemberian antibiotik lebih disarankan. Namun jika ternyata disebabkan karena infeksi virus, maka sangat disarankan untuk banyak konsumsi air, makan-makanan yang lunak. Biasanya dokter akan memberikan perada gejalanya.

 

Namun apabila ternyata radang amandel yang terjadi sudah kronis atau menahun, maka biasanya seorang dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Hal ini disebabkan pemberian obat sudah tidak mempan lagi.

 

Untuk mencegah kita terkena sakit radang tenggorokan dan amandel, maka para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk menjaga kebersihan dan menjaga pola makan yang sehat. Anda juga bisa menggunakan obat kumur (Betadine) yang khusus membersihkan mulut kita.

Baca Juga  Ini Dia Resiko Besar Wanita Yang Merokok Bisa Menyebabkan Perdarahan di Otak

 

Saat kita melakukan kumur dengan menggunakan Betadine kumur, maka akan bisa membunuh banyak mikroorganisme dalam mulut mulai dari bakteri, jamur, protozoa, virus dan spora bakteri. Hal ini disebabkan dalam betadine obat kumur mengandung zat aktif yang bernama povidone iodine 1% sejenis antisektif dalam spektrum yang luas.
Artikel Terkait : Apa Tandanya Kalau Amandel Kita Bermasalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *